WTN Bukan Sekedar Penghargaan

26340

DUMAI (WR) – Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo berharap prestasi yang telah diraih Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas Perhubungan setempat, seperti Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) hendaknya agar dipertahankan.

“Kita sudah tiga tahun berturut – turut memperoleh penghargaan WTN yakni mulai tahun 2013, 2014 dan 2015. Jadi, kesuksesan tahun sebelumnya dan hasil penilaian tim WTN tahun 2016 hendaknya menjadi motivasi bagi kita untuk mempertahankan piala WTN Bidang Lalu Lintas,” pinta Eko.

Menurut Wakil Walikota, penghargaan yang diberikan, bukanlah merupakan tujuan utama, namun yang lebih penting daripada itu adalah bahwa yang kita lakukan bermuara kepada manfaat yang baik bagi masyarakat Kota Dumai.

“Selain itu, tentunya untuk menjadikan tata kelola transportasi di daerah kita semakin baik, sehingga memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat secara menyeluruh.” Sebut Eko Suharjo.

“Semoga segala masukan menjadi motivasi bagi kita untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi kedepannya, sehingga piala WTN tahun 2016, kembali bisa kita raih,” harap Eko Suharjo seraya meminta dukungan seluruh pihak terkait dan doa dari masayrakat Kota Dumai agar penghargaan WTN dapat dipertahankan Kota Dumai.

 

Dishub Berupaya Perbaiki Kekurangan Di Bidang Lalu Lintas

Agar dapat kembali mempertahankan Penghargaan Wahana Tata Nugaraha (WTN), tentunya bukan hal yang mudah. Untuk itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai akan terus berupaya memperbaiki segala kekurangan di Bidang Lalu Lintas sesuai dengan saran dari Tim Penilai WTN Pusat.

“Untuk dapat mempertahankan Penghargaan WTN, kita akan melakukan berbagai upaya pembenahan sarana dan prasarana lalulintas di Kota Dumai,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Bambang Sumantri sembari mengatakan, pihaknya juga akan meningkatkan pelayanan untuk angkutan umum.

Dari aspek sarana berdasarkan uraian kegiatan catatan lapangan yakni agar kendaraan yang beroperasi di jalan dijamin telah memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan melalui pengujian berkala dan dilakukan penertiban melalui pengawasan operasional di lapangan.

Kegiatan yang telah ditindak lanjuti yakni, melakukan pengujian berkala kendaraan bermotor di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Patroli rutin di jalan dan Operasi penertiban dan penegakan hukum bersama instansi terkait.

Sedangkan dari Aspek Prasarana, uraian kegiatan catatan lapangan yakni Perlu dipertahankan dan ditingkatkan kondisi di mana tidak terdapat reklame, spanduk, dan lain-lain yang mengganggu berfungsinya perlengkapan jalan.

Kegiatan yang telah ditindak lanjuti yakni Patroli rutin oleh Petugas Dinas Perhubungan untuk menjamin tidak terdapat reklame dan spanduk yang mengganggu rambu, marka, APILL, trotoar, jembatan penyeberangan, halte, dan lain-lain.

 

Kota Dumai Masih Miliki Peluang Raih WTN 2016

Pemerintah Kota Dumai miliki peluang untuk meraih Penghargaan Wahana Tata Nugaraha (WTN) tahun 2016 dari Pemerintah Pusat berdasarkan Pemaparan Hasil Kunjungan Tim Penilai Lapangan Tahap II dan III Panitia Pelaksana Tingkat Nasional Penghargaan WTN tahun ini.

“Insya Allah, Kota Dumai layak meraih penghargaan WTN tahun ini. Artinya, berdasarkan hasil kunjungan kita dilapangan kalau dilihat secara umum Kota Dumai masih memiliki peluang untuk meraih pengharagaan WTN 2016,” ujar Ketua Tim Penilai Lapangan Tahap II dan III Panitia Pelaksana Tingkat Nasional Penghargaan WTN tahun 2016 Endi Suprasetio, Rabu (31/8), usai memarkan hasil penilaian lapangan di Gedung Media Center, Jalan Putri Tujuh, Dumai.

Menurut Endi, secara keseluruhan Kota Dumai ada melakukan perbaikan – perbaikan terkait dengan hasil penilaian WTN yang terdahulu, seperti pembangunan pendistrian, pengecatan rambu, zona selamat sekolah dan penambahan traffic light yang kesemuanya itu memang masuk dalam penilaian WTN.

Tim Penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) 2016 dari Kementrian Perhubungan RI telah memaparkan hasil penilaian lapangan tahap II dan III dalam lomba tertib lalu lintas yang berlangsung di ruang media center Jalan Putri Tujuh Dumai, Rabu (31/8/2016).

Sebelumnya, tim penilai sudah melakukan survey lapangan dan melihat langsung kondisi Traffic Light, terminal AKAP, area parkir, ruas jalan, pengujian kendaraan bermotor,trotoar, halte dan persimpangan jalan/bundaran Kota Dumai.

Pemaparan hasil penilaian dihadiri wakil walikota Dumai, Eko Suharjo, SE, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, H Bambang Sumantri SH, Kepala Bidang Darat Dishub Dumai, Renhard Ronald, Perwakialn Muspida dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan undangan lainnya.