Walikota Dumai Kecewa Kepada Pemerintah Pusat, Ini Penyebabnya

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI –Lambatnya sikap pemerintah pusat dalam memutuskan tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau umumnya dan Kota Dumai khususnya, tentu membuat proses pembangunan menjadi tidak maksimal.

Ungkapan kekecewaan ini disampaikan Walikota Dumai H. Zulkifli As dalam forum Rapat Bersama Deputi Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

” Sudah lima tahun persoalan RTRW ini tak kelar, bahkan pertemuan sudah berlangsung tiga kali, bahkan Kabupaten dan Kota sudah melengkapi berbagai kekurangan. Namun setakat ini tak kunjung ada putusan. Dibilang kecewa, saya kecewa, sebab dampaknya sulit membangun daerah,” tegas ujar Zul As sapaan akrab Walikota Dumai.

Pada kesempatan itu, Walikota juga meminta pemerintah untuk menggesa menyelesaikan persoalan RTRW Kota Dumai.

Pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Nebula gedung A lantai 6 Kemenko Polhukam Jalan Merdeka Barat Nomor 15 Jakarta Pusat itu dimpimpin langsung Deputi Bidkoor Kamtibmas Carlo B Tewu selaku Sekretaris pokja IV Satgas Percepatan dan Efektifitas Kebijakan Ekonomi dengan dua agenda Rapat.

Yabg pertama permasalahan PT. Sari Dumai Sejati terkait HGU dan HGB yang terkendala RTRW Provinsi Riau dan kedua permasalahan PT Cevron Pacific Indonesia belum adanya Perda RTRW Kota Dumai sehingga berdampak pada persetujuan dukumen Amdal dan izin lingkungan.

Walikota menyebutkan, kebijakan Presiden dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi salah satunya dengan meningkatkan arus investasi masuk ke Indonesia, namun disisi lain yang selalu menjadi faktor kendala utama di Dumai adalah permasalahan RTRW yang belum tuntas.

Dilanjutkannya, persoalan RTRW ini hampir 5 tahun tidak tuntas – tuntas, sudah 3 kali bertemu langsung dengan ibu menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Segala daya upaya dan berbagai pihak terkait di provinsi Riau kita libatkan, segala prosedur sudah kita jalani, sangat diharapkan pesoalannya dan solusi harus di temukan secepatnya,” harap Wako.

Terkait persoalan RTRW ini, kata Carlo B Tewu, tidak hanya di Riau saja, Juga terdapat di kabupaten dan Provinsi lain di Indonesia, untuk itu hasil Rapat Hari ini pun akan lansung di laporkan kepada Bapak Presiden agar secepatnya tuntas RTRW ini.

Kehadiran Walikota Dumai dalam rapat tersebut didampingi, Kepala Dinas DPMPTSP Hendri Sandra dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Satrio Wibowo.