Walikota Dumai Berikan Apresiasi

Berita Dumai Berita Umum Nasional

Walikota Dumai, Zulkifli AS menilai Program PINTAR ini sangat bermakna dan strategis untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kota Dumai. “Pada periode ke-2 jabatan Presiden RI Joko Widodo, kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi beliau yaitu peningkatan sumber daya manusia. Sangat sejalan dengan kegiatan unjuk karya praktik baik di Kota Dumai yang kita lakukan pada hari ini,” ucapnya.

Walikota melihat orangtua berpartisipasi aktif dalam mendukung program sekolah, guru bersemangat menerapkan pembelajaran aktif, anak-anak lebih bergairah belajar. Dari satu tahun Program PINTAR mereka sudah bisa memperlihatkan hasil karya. “Ini pembelajaran yang luar biasa, Kita berharap sekolah dan madrasah mitra Tanoto Foundation bisa mentransferkan knowledge ini kepada semua sekolah dan guru yang ada di Dumai. Ke depan kita meyakini sumber daya manusia di Dumai akan menghadapi tahun emas,” ungkap Walikota yang juga menyampaikan apresiasinya pada Tanoto Foundation.

Sementara itu Margaretha Ari Widowati, Direktur Program PINTAR, menyatakan Tanoto Foundation adalah sebuah organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas dasar keyakinan bahwa setiap individu harus mempunyai kesempatan untuk mewujudkan potensinya secara penuh. Program PINTAR merupakan salah program unggulan dari Tanoto Foundation dalam upaya mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

“Tanoto Foundation menjalankan program berdasarkan keyakinan bahwa pendidikan berkualitas bisa mempercepat terciptanya kesetaraan peluang. Kami memanfaatkan kekuatan transformatif pendidikan untuk membantu masyarakat agar bisa mewujudkan potensi dan memperbaiki taraf hidupnya,” katanya.

Dia juga mengungkapkan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Dumai, melalui dinas pendidikan, Kemenag, fasilitator daerah, dan seluruh sekolah mitra atas kerja sama yang baik dalam menjalankan Program PINTAR.

Perwakilan Kemendikbud, Elvira, yang hadir dan menyaksikan kreativitas siswa Kota Dumai, menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kemendikbud mendapatkan mandat menyelenggarakan pendidikan. Namun peran berbagai instansi baik Pemda, BUMN, swasta, dan organisasi sosial sangat dibutuhkan.

“Tanoto Foundation adalah salah satu organisasi dilantropi yang menunjukan komitmennya dalam membantu memajukan pendidikan di Indonesia melalui Program PINTAR. Tanoto Foundation telah banyak berperan dalam mengembangkan kualitas guru, kepala sekolah, dan calon guru di Indonesia,” ujarnya.

Saat ini Program PINTAR telah berjalan di 24 sekolah dan madrasah yang ada di Kota Dumai. Sebanyak 32 orang fasilitator daerah yang terdiri dari pengawas, kepala sekolah dan madrasah, serta guru telah mendapat pelatihan khusus. Sebanyak 15 pengawas, 36 kepala sekolah dan madrasah, 292 guru dan 60 komite sekolah mendapatkan pelatihan langsung dari fasilitator daerah. Pelaksanaan program ini telah berdampak pada lebih dari 10.000 siswa di sekolah dan madrasah yang ada di Kota Dumai.

Pemerintah Kota Dumai juga sudah mengeluarkan APBD Perubahan sebesar Rp1 Milyar untuk mendiseminasikan Program PINTAR sebagai bentuk keseriusan dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Dumai. (Infotorial Pemko Dumai)