Wakili Kecamatan Dumai Timur, Kelurahan Jaya Mukti Targetkan Juara Lomba BBGRM 2018

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Kelurahan Jaya Mukti kembali mewakili Kecamatan Dumai Timur dalam lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2018, dimana kali ini Kelurahan dengan jumlah penduduk cukup tinggi itu menargetkan sebagai juara dalam ajang tersebut.
Tim Penilai Lomba BBGRM telah mendatangi Kelurahan Jaya Mukti Pada Jumat (23/2) kemarin guna melakukan penilaian sesuai dengan kriteria dan indikator dalam perlombaan yang setiap tahunnya dilaksanakan itu.
 
 
Walikota Dumai diwakili Asisten I Setdako Dumai, H Hamdan Kamal menyampaikan, lomba BBGRM merupakan tradisi atau kegiatan rutin tahunan Pemerintah Kota Dumai.
“Melihat dari dinamika yang berkembang dari masyarakat tidak lepas dari nilai gotong royong sesuai dengan nilai yang terkandung dalam pancasila, untuk itu nilai-nilai gotong royong harus dilestarikan dalam lingkungan masyarakat,” ujarnya.
 
Menurutnya, semangat gotong royong dilingkungan masyarakat mulai memudar, Pemerintah perlu kembali menjaga dan melestarikan dan mengawal nilai-nilai tersebut.
 
Diceritakan Hamdan, pada zaman dahulu dimana Kota Dumai masih sebagai Kota Administrasi nilai gotong royong itu sangat tinggi, pada saat itu anggaran masih sangat minim, namun dengan nilai gotong royong masyarakat yang cukup tinggi masyarakat bersama dengan pemerintah dalam membangun daerahnya. Jika dibandingkan dengan saat ini nilai tersebut sudah mulai memudar.
 
Untuk itu lanjutnya, nilai-nilai itu harus dijaga dan dilestarikan dalam meningkatkan potensi yang ada dimasyarakat. Selain itu dalam lomba BBGMR juga merupakan salah satu ajang menjalin tali silaturahmi antar sesama masyarakat. 
 
“Mari bersama kita menciptakan dan membangun Kota Dumai yang mandiri dengan mewujudkan Kelurahan Jaya Mukti sebagai Kelurahan yang terbaik di Kota Dumai,” ajaknya.
 
Sementara, Kabag Pemberdayaan Masyarakat Kota Dumai Hj Dona Fitri Ilahi sekaligus Ketua Tim Penilai lomba BBGRM 2018 menyampaikan, mengapresiasi kembali terpilihnya Kelurahan Jaya Mukti mewakili Kecamatan Dumai Timur mengikuti lomba BBGRM tahun 2018.
 
“Penilaian ini merupakan lokasi ke empat yang kita datangi, dan kali ini kita mendatangi Kelurahan Jaya Mukti merupakan salah satu kandidat terbaik di Kecamatan Dumai Timur,” ujar Hj Dona.
 
Diterangnya, dalam penilaian yang akan dilakukan yakni mengetahui keabsahan empat indikator yaitu Kemasyarakatan, Ekonomi, Kesejahteraan Sosial dan Kebersamaan, serta kebersihan lingkungan.
 
“Indikator pertama, yakni kemasyarakatan, dimana kita menilai kamtibmas, seperti poskamling yang terdapat di Kelurahan telah berfungsi dengan baik atau tidak,” ujar Dona Ilahi.
Pada idikator kedua lanjut Dona menjelaskan yaitu ekonomi, bagaimana upaya pihak Kelurahan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti memanfaatkan potensi yang ada seperti sampah untuk didaur ulang kembali dengan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri.
“Selain itu kesejahteraan sosial dan kebersamaan serta kebersihan lingkungan, yaitu bagaimana pengolahan sampah dan limbah yang ada di Kelurahan. Inovasi apa yang dilakukan pihak Kelurahan mengajak kader-kader dalam menjaga keasrian lingkungan lainnya, itu menjadi point penting dalam penilaian, kita menilaian bukan hanya goro yang hanya membawa peralatan dan membersihkan lingkungan, namun goro yang mengandung menilai kebersamaan dan kekompakan masyarakat,”jelasnya.
 
Sedangkan Lurah Jaya Mukti Abdul Ghafar merangkul masyarakat dalam hal ini Ketua LPMK Kelurahan Jaya Mukti Baharudin mempresentasikan beberapa poin yang menjadi indikator penilaian tim BBGRM tahun 2018.