Waduh, PNS Dumai Ini Tertipu Puluhan Juta Rupiah

Berita Dumai Berita Umum Bidang DALOPS Bidang Perhubungan Darat Bidang Perhubungan Laut Bidang Perhubungan Udara

DUMAI – Seoerang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Dumai tertipu puluhan juta rupiah oleh orang yang mengaku sebagai PLT Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Dumai. Tertipunya PNS ini karena, dijanjikan sebuah Jabatan.

Kronologi penipuan dengan iming iming jabatan ini berawal saat korban yang bernama Supriatin (51) warga Bukit Timah Kecamatan Dumai Barat ini pada Selasa (17/2) sekira pukul 11.00 WIB menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai H.Syafii, PLT Kadis Pemberdayaan Perempuan Dan Anak Kota Dumai.

Dalam sambungan telepon tersebut, sang Kepala Dinas gadungan tersebut mengatakan bahwa dirinya akan mengatur posisi kepala sekolah yang ada di Kota Dumai. Lantas pelaku meminta korban mengirimkan sejumlah uang ke rekening Bank BNI atas nama Rinaldy.

Tanpa menaruh curiga sedikitpun korban lalu mengirimkan uang sebanyak Rp5 Juta ke rekening tersebut. Lalu pelaku menghubungi kembali dan meminta uang lebih banyak lagi hingga di transfer sejumlah Rp23 Juta.

Kemudian pada Minggu (12/2) korban mendatangi rumah H. Syafi’i dan mendapati kenyataan dari istri yang bersangkutan (H. Syafi’i,red) bahwa suami nya tidak pernah menelpon korban untuk mengirimkan sejumlah uang untuk tujuan menawarkan jabatan.

Atas kejadian tersebut korban lantas melaporkan penipuan yang dialaminya ke Polres Dumai dengan LP/36/II/2017/RIAU/RES DUMAI tanggal 12 Januari 2017.

Berdasarkan laporan tersebut akhirnya polisi melakukan penyelidikan dan mendapati identitas pelaku bernama RI alias BO (33) warga Jalan Air Bersih Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kepala Polres Dumai AKBP Donald H Ginting. Dan akhirnya tim Opsnal Satreskrim Polres Dumai berhasil membekuk pelaku pada Rabu (22/2) dini hari di Jalan Tega Lega, Kecamatan Dumai Selatan.

“ Dari tangan tersangka kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti seperti satu buah cincin emas beserta suratnya dengan harga Rp 2.250.000, Satu buah kartu atm BNI dengan sisa Saldo Rp.17.557.650, satu buah Handphone samsung Lipat warna putih biru, dan uang Tunai Rp.3.650.000,” terang AKBP Donald.

Slanjutnya tersangka bersama barang bukti telah diamankan di Mapolres Dumai, guna menjalani proses penyidikan lebih lanjut. (DIKA)