Tujuan dan Sasaran


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa tujuan dan sasaran pembangunan sektor perhubungan di Kota Dumai adalah menciptakan pelayanan transportasi yang handal, prima, modern aman dan selamat serta mampu menjangkau seluruh pelosok kota dalam rangka pengembangan ekonomi dan hasil-hasilnya, maka secara lebih lanjut tujuan pembangunan sektor perhubungan di Kota Dumai tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

Misi I :

Meningkatkan pembangunan infrastruktur transportasi, pengembangan dan peningkatan prasarana transportasi ( Terminal, Pelabuhan dan Bandar Udara ), serta pembangunan sistem transportasi yang terpadu melali suatu kajian yang menyeluruh ( komprehensif ) sehingga berkualitas, yang mampu menjangkau seluruh kawasan kota, dalam rangka membuka keterisolasian wilayah, pemerataan pembangunan yang menghubungkan wilayah kota dengan daerah lain dan/atau negara lain, serta mampu menggerakkan roda perekonomian kerakyatan, guna mendukung program-program pembangunan wilayah kota.

Tujuan dari misi I antara lain :

  1. Tersedianya perencanaan pembangunan infrastruktur ( Darat, Laut dan Udara ) yang komprehensif.
  2. Tersedianya infrastruktur transportasi ( Darat, Laut dan Udara ) yang berkualitas, adil dan merata yang mampu menjangkau seluruh kawasan kota.
  3. Terwujudnya pengembangan dan peningkatan prasarana transportasi ( Terminal, Pelabuhan dan Bandar Udara ).
  4. Tersedianya Master Plan Transportasi, REncana Umum Jaringan Transportasi Jalan (RUJTJ), dan Tataran Transportasi yang bersifat lokal.
  5. Terwujudnya pembangunan sistem transportasi yang terpadu intra dan inter moda, handal dan berkualitas, modern dan berteknologi.
  6. Tersedianya Sistem Informasi Manajemen (SIM) sektor Perhubungan kota Dumai.
  7. Sasaran dari tujuan yang telah ditetapkan perlu direncanakan sasaran yang akan tercapai yaitu merupakan penjabaran dari tujuan secara terukur dan spesifik.

Sasaran dari tujuan yaitu :

Mewujudkan disiplin berlalu lintas dalam rangka menciptakan ketertiban, keteraturan, kelancaran, dan kenyamanan serta keselamatan lalu lintas (transportasi dara, laut dan udara) dalam paya mengurangi kesemrawutan dan kemacetan berlalu lintas serta upaya mengurangi pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat serta kendaraan tidak bermotor yang melawan arus lalu lintas.

MISI II :

Meningkatkan kualitas jasa pelayanan transportasi, dengan titik berat pada upaya peningkatan aspek keselamatan, (kelaikan kendaraan, kapal, dan pesawat udara), dan updaya peningkatan aspek kenyamanan melalui pelayanan sarana angkutan umum (angkuta darat, angkutan laut dan angkutan udara) dalam upaya modernisasi pelayanan/skema operasional angkutan umum serta updaya pengembangan angkutan umum secara massal.

Tujuan dari Misi II antara lain :

  1. Terwujudnya peningkatan kualitas pelayann transportasi.
  2. Terwujudnya peningkatan aspek keselamatan (kelikan kendaraan, kapal dan pesawat udara).
  3. Terwujudnya peningkatan disiplin berlalu lintas melalui kegiatan penegakan hukum.
  4. Terwujudnya manajemen dan rekayasa lalu lintas (transportasi).
  5. Terwujudnya peningkatan pelayanan sarana angkutan umum (angkutan darat, angkutan laut dan angkutan udara) yang lebih modern dan massal.
  6. Terwujudnya pelaksanaan sosialisasi peningkatan pelayanan angkutan umum.

Sasaran dari tujuan yang telah ditetapkan perlu direncanakan sasaran yang akan dicapai yaitu merupakan penjabaran dari tujuan secara terukur dan spesifik.

Sasaran dari tujuan yaitu :

Mewujudkan disiplin berlalu lintas dalam rangka menciptakan ketertiban, keteraturan, kelancaran, dan kenyaman serta keselamatan lalu lintas (transportasi daratm laut dan udara) dalam upaya mengurangi kesemrawutan dan kemacetan berlalu lintas serta upaya mengurangi pengendara sepeda motor dan kendaraan roda empat serta kendaraan tidak bermotor yang melawan arus lalu lintas.

MISI III :

Meningkatkan kinerja institusi Dinas Perhubungan yang tangguh dan berwibawa, serta meningkatkan kinerja aparatur (SDM) Dinas Perhubungan yang berpengetahuan, terampil dan menguasai teknologi, bermoral, agamis, berbudaya dan berprilaku baik serta menjunjung tinggi kode etik 5 (lima) Citra Manusia Perhubungan.

Tujuan dari Misi III antara lain :

  1. Terwujudnya peningkatan kinerja institusi Dinas Perhubungan kota Dumai yang tangguh dan bewibawa.
  2. Terwujudnya peningkatan kinerja aparatur Dinas Perhubungan kota Dumai yang berpengetahuan, terampil dan menguasai teknologi, bermoral, agamis, berbudaya dan berprilaku baik.
  3. Sasaran dari tujuan yang telah ditetapkan perlu direncanakan sasaran yang akan dicapai yaitu merupakan penjabaran dari tujuan secara terukur dan spesifik.

Sasaran dari tujuan yaitu :

Mewujudkan disiplin berlalu lintas dalam rangka menciptakan ketertiban, ketertiban, keteraturan, kelancaran dan kenyamanan serta keselamatan lalu lintas (transportasi darat, laut dan udara) dalam upaya mengurangi kesemrawutan dan kemacetan berlalu lintas serta upaya mengurangi pengenda sepeda motor dan kendaraan roda empat serta kendaraan tidak bermotor yang melawan arus lalu lintas.