Tepuk Tepung Tawar Tandai Walimatus Safar Pemberangkatan CJH Kota Dumai

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Pemerintah Kota Dumai melalui bagian ADM Kesra menggelar acara Walimatus Safar Pemberangkatan Jemaah Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Dumai di gedung Pendopo Jalan Putri Tujuh Dumai, Senin (24/07/2017).

Walimatus Safar merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemko Dumai untuk melepas CJH diisi dengan tepuk tepung tawar. Kegiatan ini bermakna sebagai pemberian do’a restu dengan harapan JCH diberi kesehatan dan keselamatan serta mendapatkan gelar Haji Mabrur.

Dalam sambutannya Walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli AS, M.Si mengucapkan selamat kepada seluruh JCH Kota Dumai yang tahun ini mendapatkan kesempatan untuk menunaikan rukun islam ke lima yaitu menunaikan ibadah haji.

“Atas nama Pemko Dumai saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji semoga menjadi haji mabrur.” Kata Walikota

Lanjutnya, jagalah kesehatan agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji ditanah suci. Informasi yang kita terima cuaca sangat ekstrim untuk itu seluruh JCH agar menjaga kesehatan. Dan yang utama luruskan niat agar agar seluruh ibadah diterima Allah SWT.

Zul AS juga berpesan kepada seluruh JCH Kota Dumai agar tidak lupa mendoakan Kota Dumai agar tetap dalam suasana yang aman, damai dan kondusif.

Terakhir walikota menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan keberangkatan seluruh JCH Kota Dumai menuju Embar kasi Batam.

Sementara, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Dumai, Drs. H. Syafwan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Dumai yang telah membantu mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Pemko Dumai yang telah membantu mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun kmk. Selain memfasilitasi kegiatan manasik haji, hari ini pemko Dumai menggelar walimatus safar atas keberangkatan JCH Kota Dumai serta membebaskan biaya domestik keberangkatan haji menuju embarkasi Batam.” Katanya

Tambahnya, jumlah JCH kota Dumai yang akan berangkat sebanyak 212 orang. JCH Kota Dumai tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) tujuh bergabung dengan JCH asal Kabupaten Pelalawan yang akan diberangkatkan melalui embarkasi Batam.

“JCH Kota Dumai akan diberangkatkan pada Jumat (4/8) menuju Batam. Minggu (5/8) seluruh calon jemaah haji akan diterbangkan menuju tanah suci melalui bandara Hang Nadim Batam sekitar Pukul 23.00 WIB.” tambahnya 

Ia berharap kepada seluruh JCH agar menjaga kesehatan dan bersiap-siap untuk berangkat menuju embar kasi Batam. “Mari memperbanyak berdoa, berzikir dan istiqfar agar diberi kesehatan dan kekuatan dalam melaksanakan rangkaian demi rangkaian ibadah haji, dari yang wajib hingga yang sunah. Dan semua JCH akan dipandu dan didampingi oleh Tim Pemandu atau TPHD yang telah ditunjuk panitia penyelenggara haji.” Terangnya

Sementara Ustad Buya Hamka dalam tausiah agamanya menyampaikan pesan kepada seluruh JCH, sebelum berangkat ketanah suci agar minta ampun kepada Allah serta meminta maaf kepada orang tua, saudara dan orang lain agar Allah memberi petunjuk dan melindungi kita serta memberikan kemudahan kepada kita semua dalam melaksanakan ibadah haji sehingga menjadi haji Mabrur.

Walimatus Safar dihadir walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli AS, M.Si, Sekda Dumai Drs. H. Muhammad Nasir MP, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai, Drs. H. Syafwan, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Dumai, Drs. H. Amiruddin, MM, MBA, Kepala Dinas Kesehatan Dumai, H. Paisal, SKM, MARS, Kepala Bagian ADM Kesra, H. Asnam, ST, M.Si, dan undangan lainnya.