Sekda Kota Dumai Buka Rapat Forum Perangkat Daerah 2018

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Walikota Dumai diwakili Sekretaris Daerah Kota Dumai M. Nasir secara resmi membuka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2018 pada Senin (12/3/2018) bertempat di Gedung Pendopo, Jalan Putri Tujuh.

Dalam sambutan, Walikota yang dibacakan Sekda mengatakan, Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda tentang RPJP Daerah dan RPJM Daerah, serta Perubahan RPJP Daerah, RPJM Daerah dan RKPD Perubahan.
” Secara bertahap dan berkelanjutan, sistem perencanaan pembangunan terus dibenahi dan disempurnakan. Hal tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan pembangunan dapat dilakukan lebih baik dan tepat sasaran dari waktu ke waktu,” ujar Nasir.

Menurutnya, Forum Perangkat Daerah Kota Dumai ini merupakan salah satu instrument penting, dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019, dimana pada forum ini dilakukan penyempurnaan terhadap Rencana Kerja Perangkat Daerah yang telah disusun oleh masing-masing OPD.
” Selanjutnya diselaraskan dengan hasil-hasil yang didapat dari musyawarah rencana pembangunan ditingkat kecamatan dengan memperhatikan skala prioritas yang nantinya akan dibahas di Musrenbang Tingkat Kota Dumai,” sebutnya.
Dalam dokumen RPJM Nasional tahun 2015 -2019, kata Nasir, Pemerintah akan menjalankan 9 agenda pembangunan yang dilakukan melalui 3 dimensi pembangunan yakni Pembangunan manusia yang terdiri Pendidikan, Kesehatan, Perumahan, Mental atau Karakter, Pembangunan sektor unggulan yakni kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, kemaritiman dan kedaulatan serta periwisata dan industri, kemudian Pemerataan dan kewilayahan.
Kota Dumai juga diarahkan sebagai pusat kegiatan nasional dengan fokus sebagai pusat administrasi pelintas batas yang berfungsi sebagai outlet pemasaran wilayah Riau bagian timur serta berorientasi pada upaya mendorong perkembangan sektor produksi wilayah seperti perkebunan, industri, perdagangan, pertambangan dan perikanan.
Maka ini sebuah kesempatan besar, bahwa dalam perencanaan pembangunan ke depan baik penyusunan RKPD ataupun Renja Perangkat Daerah harus mengacu kepada program prioritas pemerintah Pusat dan proritas Provinsi Riau sehingga terdapat sinergisitas perencanaan.
” Kemudian kita harus mampu menetapkan skala prioritas pembangunan apalagi kondisi keuangan daerah yang cenderung mengalami fluktuasi menurunnya pendapatan, juga Kita harus dapat mensinergikan antar Renja Perangkat Daerah, kebijakan Kepala Daerah dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD dengan muara yang sama yaitu meningkatkan pelayanan publik dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Tak kalah pentingnya, bahwa sistem perencanaan menjadi dasar sistem penganggaran yang dapat dipertanggungjawabkan, artinya semua program kegiatan dalam APBD Kota Dumai Tahun 2019 harus sudah termuat dalam dokumen RKPD Kota Dumai tahun 2019,” beber Sekda.
Selanjutnya, bahwa pada saat ini Pemerintah Kota Dumai sedang melakukan proses perubahan terhadap RPJMD Kota Dumai Tahun 2016 – 2021 sebagai tindak lanjut dari berubahnya kebijakan nasional terkait perangkat daerah, yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016.
” Tentunya pembahasan yang dilakukan dalam Forum Perangkat Daerah ini, juga harus mengacu kepada Rancangan Perubahan RPJMD dimaksud, baik itu menyangkut prioritas pembangunan maupun target-target yang akan dicapai pada tahun 2019,” tukasnya.
Tampak hadir, para Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah dan undangan lainnya. Namun sangat disayangkan tak satupun anggota DPRD Dumai yang hadir pada pembukaan forum OPD tahun 2018.