Sampaikan Usulan ke Pusat, Walikota Dumai hadiri Rakernas Apeksi di Kota Malang

Berita Dumai Berita Umum

Dumai – Walikota Dumai H. Zulkifli AS menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di Kota Malang pada Selasa (18/08/2017).
Tiba di Kota Malang, Walikota Dumai H Zulkifli As langsung disambut Pejabat Pemerintah Kota Malang.
Dalam kegiatan Rakernas Afeksi tahun 2017 ini, sedikitnya 3600 peserta yang hadir dari delegasi 98 Kota yang ada di Indonesia.
Rangkaian kegiatan Apeksi diantaranya, Welcome dinner dan prosesi penyambutan oleh Walikota Malang Moch. Anton terhadap seluruh tamu yang berlangsung di depan Balai Kota Malang.
Dalam acara penyambutan tersebut juga dilgelar beberapa penampilan Budaya, seperti tarian dan lainnya.
Kemudian pada Rabu (19/07/2017) dilangsungkan pembukaan Rakernas Apeksi di Convention Savana Hotel, diikuti oleh 98 Walikota Se-indonesia.
Berbagai isu penting juga akan dibahas, mulai dari pengembangan ekonomi, perlindungan hukum bagi pejabat pemko, hingga infrastruktur.
Para delegasi juga akan membahas usulan-usulan kebijakan kepada pemerintah pusat. Juga berdiskusi tentang peraturan pemerintah yang baru, misalnya pengelolaan SMA/SMK yang diambil alih provinsi hingga perlindungan hukum agar penyerapan anggaran di setiap dapat maksimal.
Sementara, Walikota Dumai H. Zulkifli AS mengatakan, Ia akan menggunakan kesempatan Rakernas Apeksi ini untuk menyampaikan usulan – usulan kepada Pemerintah Pusat.
” ini moment bagus untuk kita sampaikan usulan kita kepada pemerintah pusat,” ujar Zul As singkat saat ditemui di sela-sela kegiatannya.
Sedangkan, Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai H. Sya’ri, MP menambahkan, di agenda Apeksi nantinya akan ada pawai budaya.
” Ada sekitar 70 orang dari kontingen Kota Dumai yang bakal tampil di Acara Pawai tersebut. Rute pawai mengambil garis start di Jalan Ijen, tepatnya di depan Gereja Katedral menuju arah Jalan Semeru. Setelah itu, rombongan menuju garis finish yang tersebar di sekitar Stadion Gajayana,” ujar Syaari seraya menyebutkan, selain pawai, terdapat pula panggung utama yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari delegasi peserta Rakernas Apeksi 2017.
Di luar Rakernas Apeksi, kegiatan lain akan berlangsung, seperti kunjungan ke kampung konservasi air Glintung, pawai budaya Nusantara, juga Indonesia City Expo (ICE). ICE merupakan pameran produk dari 98 kota itu yang digelar di Stadion Gajayana pada 19–23 Juli 2017.