Sambut Ramadhan 1438 H, Pemko Dumai Gelar Tabligh Akbar

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Dalam rangka menyambut Bulan SUci Ramadhan 1438 H / 2017 M, Pemerintah Kota Dumai menyelenggarakan tabligh akbar dengan tema “ Sucikan Diri Bersihkan Jiwa Menuju Ridho Ilahi ” bertempat di Masjid Habiburahman.

Tabligh akbar yang telah berlangsung pada Selasa kemarin mengundang ustad asal Pekanbaru yakni Masriadi Lc.MA untuk memberi tausiah agama kepada para jamaah yang hadir di acara tabliqh akbar tersebut.

Sekda Kota Dumai Ir. H. Muhammad Nasir, MP yang hadir mengikuti tabligh menyampaikan, bahwa Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dengan berbagai kelebihan dan keutamaan yang besar, karena merupakan bulan pengampunan dan bulan berkah bagi umat islam.

Disamping itu, Ramadhan membawa perwujudan rasa solidaritas kepada umat dan rasa ukhuwah yang berdasarkan iman kepada Allah SWT. Hal penting lainnya, bahwa bulan suci ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas iman, memperkuat ketaqwaan, menimbulkan rasa cinta kepada keadilan dan persamaan derajat umat manusia, memperbanyak amalan, serta mempererat hubungan kasih sayang dengan sesama umat muslim dan umat manusia.

“ Itulah sebabnya, Bulan Suci Ramadhan tidak sekedar sebagai ritual keagamaan saja, tetapi merupakan media untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujar Nasir.

Mengiringi nuansa kebahagiaan ini, Sekda mengajak seluruh umat islam di Kota Dumai untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1438 hijriah dengan penuh syukur.

“ Dan atas nama Pemerintah maupun pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat menyambut Ramadhan 1438 H tahun 2017, semoga ibadah di bulan suci Ramadhan ini, akan membawa berkat, kebahagiaan, kedamaian, pengharapan, dan kesejahteraan bagi seluruh umat dalam menjalani kehidupan yang dianugerahkan sang pencipta,” katanya.

Di kesempatan itu Sekda juga menghimbau untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan ini dengan penuh suka-cita serta penuh pengharapan.

“ Marilah kita jadikan bulan puasa sebagai arena untuk penempaan jiwa kita sehingga meraih tujuan utama puasa, yaitu meningkatnya ketakwaan kepada Allah SWT. Marilah kita makmurkan masjid-masjid dengan ibadah tarawih, tadarus Al-qur’an, dzikir, dan pendalaman ajaran-ajaran Islam. Dengan demikian, kita memiliki ilmu sebagai landasan amal, dan kita mampu beramal atas dasar ilmunya, sebagaimana sering diajarkan oleh para alim ulama, hendaknya kita berilmu amaliyah, dan beramal ilmiyah,” tuturnta.

Lanjutnya, di bulan puasa untuk mempererat ukhuwah islamiyah di antara sesama kaum muslimin dan segenap komponen masyarakat Kota Dumai, serta jiwa korsa pegawai negeri yang tulus mengabdi kepada masyarakat.

Kemudian ia mengajak untuk menunaikan kewajiban zakat, bukan hanya zakat fitrah yang ditunaikan pada akhir bulan Ramadhan, tetapi juga zakat-zakat lain seperti zakat mal dan zakat perniagaan, di samping infaq dan shodaqoh.

Hal tersebut mengingat sudah menjadi kebiasaan kaum muslimin untuk menjadikan bulan suci Ramadhan sebagai perhitungan haul atau perhitungan akhir tahun.

“ Saya mengajak untuk menyalurkan zakat, infaq, dan shodaqoh kepada Badan Amil Zakat (BAZ) atau Unit Pelaksana Zakat (UPZ) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” ajaknya.


 

Share ke Media Sosial ...