Safari Ramadhan Perdana, Wako dan Wawako Sambangi Masjid Al Makmur Purnama

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Walikota Dumai Drs H Zulkifli As MSi dan Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo beserta jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Dumai mengawali kegiatan Safari Ramadan perdananya di Masjid Al-Makmur, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Dumai, Minggu (20/5/2018).

Safari tersebut diawali dengan Shalat Isya dan Shalat Taraweh Berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sebesar Rp. 20.000.000,- dan ditutup dengan siraman rohani oleh Ustadz Drs H Zakaria MPdi.

Berbeda dengan tahun lalu, bantuan dikumpulkan dari seluruh OPD dan kemudian diserahkan kepada masjid serta mushalla yang dikunjungi, namun tahun ini dana bantuan sudah dianggarkan melalui APBD tahun 2018 Kota Dumai dan masjid yang dikunjungi sudah diatur melalui pengesahan DPRD Kota Dumai.

“ Tahun ini sudah kita anggarkan. Masjid yang mendapatkan bantuan ini tentunya sesuai dengan masjid dan mushalla yang sudah mengajukan proposal, dan sudah disahkan oleh DPRD,” beber Walikota Dumai, Drs H Zulkifli As MSi dalam sambutannya usai menyerahkan bantuan dana ke Pengurus Masjid Al Makmur.

Safari Ramadan yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Dumai juga dalam rangka silahturahmin antara Pemerintah dengan masyarakat agar makin dekat dengan masyarakat di setiap Kecamatan.

“ Sudah masuk malam ke lima ramadan, mudah-mudahan senantiasa diberikan kesehatan, kelancaran dan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan,” kata Wako.

Dalam kesempatan itu, Zul As juga menyampaikan langsung berbagai program pembangunan seperti pembangunan bidang infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

Walikota Dumai juga menyampaikan permasalahan air, baik masalah air bersih, maupun masalah banjir yang sering terjadi di Kota Dumai. “ Masalah air ini cukup rumit, disaat hujan kita kebanjiran, disaat kemarau kita kekeringan,” ungkap Wako.

Lanjut Wako, Pemerintah saat ini terus berupaya sekuat tenaga untuk memenuhi ketersediaan air bersih bagi masyarakat Kota Dumai.

“ Untuk masalah air bersih, meskipun uangnya ada tentunya butuh proses dan mudah-mudahan secepatnya terealisasi, karena juli 2018 akan ditenderkan pengerjaannya, ini terus kita rapatkan dan kita pantau,” sebutnya.

Sedangkan, tambah orang nomor satu di Dumai, untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di Kota Dumai, Pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp5 Miliar rupiah untuk konsep penanggulangan banjir.

“ Inilah upaya Pemerintah untuk mengatasi banjir, meskipun tidak instan 100 persen teratasi, tapi setidaknya bisa jauh berkurang dari tahun ke tahun, dan inilah proses yang harus dijalani, tidak semudah membalikkan telapak tangan,” tutup Zul As.