RSUD Kota Dumai Gelar Simulasi K3RS

Berita Dumai Berita Umum
DUMAI – Gedung Irna A Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai terbakar pada Minggu pagi (11/11/2018).
Ternyata, Kebakaran yang terjadi hanyalah bagian dari Simulasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Rumah Sakit yang berlangsung di Gedung Irna A RSUD, Jalan Tanjung Jati, Dumai.
Pantauan dilapangan, simulasi dilaksanakan di Kamar 217 Gedung Irna A RSUD Dumai. Dimana, awalnya perawat mengecek keadaan Kamar dan diketahui ada Asap dan dengan sigapnya perawat pun langsung menghubungi security serta tim K3RS.
Tak lama berselang, tim evakuasi pun hadir dengan perlatan lengkap mengevakuasi para pasien dan keluarga pasien yang berada di Kamar 217 Gedung Irna A RSUD Dumai.
Setelah semuanya selamat, tim Damkar dari BPBD Kota Dumai pun langsung memadamkan api yang dibantu oleh pihak Polres Dumai untuk mensterilkan lokasi simulasi K3RS.
Tim instruktur, Ruslan Muchtar dari HIPGABI Sulsel didampingi Perhimpunan Ahli K3 Indonesia Sulsel, Ilham Andi Rifai dan Tim K3 RSUD Dumai Desi Isnaini menerangkan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga – tenaga yang ada di RSUD Dumai untuk senantiasa siap siaga dalam menghadapi keadaan darurat bencana dan hari ini kita mensimulasikan bencana kebakaran.
” Jadi, ini dimaksudkan untuk lebih mempersiapkan secara teknis, bahwa teman – teman di RSUD sudah siap menanggulangi keadaan tersebut,” katanya.
Dengan adanya kegiatan simulasi kebakaran ini Tim instruktur berharap, Tim K3RS Dumai dapat semakin sigap dan tanggap dalam menghadapi bencana.
” Dan harapan kami kepada managemen RSUD Dumai terkait dengan standar – standar keselamatan gedung baik itu alat deteksi, proteksi dan maintenance yang belum lengkap agar dilengkapi serta SDM nya terus dilatih dengan pihak-pihak terkait agar koordinasi nantinya lebih terarah dalam menghadapi hal – hal yang tidak diinginkan,” tutup Ruslan.
Sementara, Direktur RSUD DumaI dr. Ferianto menambahkan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi dan simulasi K3RS di RSUD ini ialah safety pasien, pekerja dan pengunjung.
” Karena kalau terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, pihak RSUD Dumai, khususnya tim K3RS sudah bisa menanganinya dengan baik dan benar,” imbuh Ferianto.
Selain melatih tim K3 Rumah Sakit, lanjut Ferianto, pihaknya juga telah bekerjasama dengan instansi terkait Pemko Dumai seperti, Pemadam Kebakaran BPBD Dumai untuk mencegah kebakaran.

” Seluruh karyawan maupun pegawai di RSUD Dumai saya minta tetap semangat dan berikan pelayanan yang terbaik kepada para pasien,” harapnya.


Share ke Media Sosial ...