Ribuan Peserta Ikuti Perkemahan Besar Hari Pramuka Ke 56

Berita Dumai Berita Umum

Dumai – Ribuan peserta ikuti Perkemahan besar sempena Hari Besar Pramuka ke 56 yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Dumai.
Perkemahan yang berlangsung selama tiga hari (Perjusami) tersebut dipusatkan di Bumi Perkemahan Muda Kirana, Jalan Tuanku Tambusai (Perwira,red), Bagan Besar di ikuti 958 Peserta yang berasal dari 46 pangkalan – pangkalan se Kwartir Cabang Dumai dan luar Dumai dengan rincian, Pramuka Pengalang Putra 240 orang, Pramuka Penggalang Putri 243 Okrang, Pembina Penegak Putra 191 orang, Pembina Penegak Putri 192 orang dan Pembina Pendamping 92 orang.
” Dan untuk peserta Pramuka Siaga berjumlah 500 orang yang akan mengikuti kegiatan, diantaranya, lomba Mewarnai, Estafet karet sedotan, Estafet bola pingpong dan menyusun baut dengan waktu pelaksanaan pada hari Minggu (24/09/2017) bertempat di Halaman Kantor DPRD Dumai,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana Kak Alamsyah didampingi Sekretaris Panitia Kak Yuston disela – sela kegiatan di Buper Muda Kirana pada Sabtu (23/09/2017).
Sementara, kegiatan yang telah dilaksanakan untuk Pramuka Penggalang pada Sabtu (23/09/2017) diantaranya, Lomba Paduan Suara, Hiking, Pesan Berantai, Pionering Stok dan membuat poster.
” Dan besok (Minggu,red) lanjut kegiatan pacu karung estafet dan masakan darurat,” sebutnya.
Sedangkan untuk kegiatan Pramuka Penegak yang telah dilaksanakan pada Sabtu (23/09/2017) diantaranya, Pentas Seni, Pionering, Memanah, Bivak Alam, P3K dan Variasi Teknologi Tepat Guna (TTG).
” Dan pada Minggu nya untuk Pramuka Penegak akan ada kegiatan Hiburan yakni Panjat Pinang,” imbuh Kak Alamsyah yang sehari – hari bertugas di Pangkalan TNI AL Dumai.
Selain kegiatan – kegiatan Ketrampilan Kepramukaan tersebut, panitia juga melaksanakan sosialisasi tentang hak dan perlindungan anak.
Menurutnya, perkemahan ini dilaksanakan dengan penuh kebersamaan dan wujud kepedulian semua pihak dengan bersatu padu memberikan sumbangsih baik secara moril maupun materil demi terlaksananya perkemahan yang mengusung tema ” Bersama dalam satu tujuan “.
” Tujuan perkemahan ini tentunya untuk memupuk rasa persaudaraan, persahabatan, persatuan dan perdamaian. Membina dan mengembangkan sikap teguh, disiplin, mandiri, peduli dan bertanggung jawab. Membangun jiwa patriotisme dan nasionalisme serta membangun rasa cinta alam,” ungkapnya.
Terakhir, Kak Alamsyah mengajak kepada semua yang terlibat dalam Perkemahan Besar Hari Pramuka tahun 2017 ini untuk selalu memegang teguh kedisiplinan dan kepedulian pada lingkungan serta menjalin persaudaraan antara kita semua. (Dika cp)

Share ke Media Sosial ...