Ratusan Warga Dumai Selatan Terkena Dampak Banjir, Sekda Tinjau Korban Banjir dan Sisiri Sungai Dumai

Berita Dumai Berita Umum
DUMAI – Ratusan warga yang berada di Kelurahan Bumiayu dan Bukit Datuk terkena dampak banjir, akibat meluapnya air Sungai Dumai ditambah guyuran hujan deras yang telah melanda Kota Dumai sejak Jum’at lalu.
Atas kondisi tersebut, Sekretaris Daerah Kota Dumai Ir. M. Nasir dan Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin langsung meninjau korban banjir yang sebagian telah mengungsi di Tenda Darurat yang telah didirikan oleh Pemerintah Kota Dumai.
Ada empat tenda darurat yang didirikan Pemko Dumai, tepatnya diatas Jembatan Sungai Dumai yang berada di Kecamatan Dumai Selatan.
Akibat banjir, sedikitnya sekitar 100 KK yang berada di RT 01, Kelurahan Bumiayu dan 27 KK di RT 01, Kelurahan Bukit Datuk terkena dampaknya. Bahkan sebagian dari mereka telah mengungsi ke Tenda Darurat dan tak dipungkiri sebagian pula tetap bertahan di rumahnya.
 
” Total sekitar 127 KK di Kecamatan Dumai Selatan yang terkena dampak banjir akibat meluapnya air sungai Dumai dikarenakan hujan yang mengguyur Kota Dumai beberapa hari belakangan,” ungkap Sekda Kota Dumai Ir. M. Nasir disela – sela peninjauannya, Selasa sore (16/10/2018).
 
Ia juga mengungkapkan, kalau dirinya sengaja mengunjungi tenda pengungsian untuk memastikan para pengungsi mendapatkan layanan yang semestinya.
” Kita berharap BPBD dan Dinas Sosial Kota Dumai bisa maksimal untuk memberikan layanan kepada para pengungsi, khususnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan air bersih,” ujarnya.
Menurut Sekda, hujan deras dengan intensitas cukup lama mengakibatkan banjir, khususnya di Kelurahan Bumi Ayu dan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan.
Akibat banjir ratusan rumah di Kelurahan Bumi Ayu terendam air dengan kedalaman hingga 1 meter.
” Untuk membantu warga yang terkena banjir kita sudah siapkan empat tenda dari BPBD Dumai dan Dinas Sosial. Pihaknya juga telah mensuplai makanan dan minuman untuk warga yang mengungsi ditenda pengungsian,” bebernya.
Sementara, Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin meminta kepada OPD teknis seperti Dinas PUPR dan Perkim agar bisa meninjau langsung lokasi – lokasi banjir, guna mengetahui persoalan yang sebanarnya.
” Ini yang saya liat dilapangan hanya Sekda saja. Dimana instansi terkait lainnya?,” tegasnya.
Selain Sekda dan Zainal Abidin, tampak juga Ketua Tim Pengerak PKK Kota Dumai Hj. Haslinar beserta jajaran yang melihat langsung korban banjir di tenda pengungsi.
Pantauan dilapangan, Sekda Dumai Ir. M. Nasir dan Wakil Ketua DPRD Dumai Zainal Abidin tidak hanya sekedar melihat korban banjir. Tapi, mereka juga menyisiri Sungai Dumai menggunakan Sampan guna melihat secara dekat rumah – rumah warga yang terendam air.
Meskipun diguyur hujan saat melakukan peninjauan, tapi tidak mematahkan semangat para pejabat publik tersebut untuk melihat kondisi nyata guna mencari solusi permasalahan Banjir di Kota Dumai yang hingga kini belum terselesaikan dengan baik.