Polres Dumai Raja Malam Kerukunan Umat Beragama Sebagai Kota Dumai

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Menindaklanjuti Program Prioritas Kapolri tepatnya Program VIII yakni Pembangunan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kamtibmas, Kepolisian Resor (Polres) Dumai taja Malam Kerukunan Antar Umat Beragama se-Kota Dumai, Senin (10/04/2017) malam sekira pukul 19.30 WIB  di Gedung Citra Waspada Mapolres Dumai Jalan Jendral Sudirman No. 01 Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur.
Giat yang ditaja oleh Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi tersebut tampak dihadiri oleh Walikota Dumai, Forkopimda Kota Dumai, Dandim 0320/Dumai Letkol Kav Rendra Andrian Siagian yang diwakili oleh Kasdim 0320/Dumai Mayor (Arh) Sugiono, Dan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) M.Risahdi MSi, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Dumai, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Dumai, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai, Ketua Persatuan Mubaligh Dumai (PMD) Kota Dumai, Ketua Badan Kerjasama Seluruh Gereja (BKSGD) Kota Dumai, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Dumai, Ketua  Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Dumai  (LKKMD) Kota Dumai, Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Dumai, Camat dan Lurah se-Kota Dumai seluruh Tokoh Agama Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu se-Kota Dumai dan seluruh Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Dumai dan seluruh personil Polres Dumai dan Polsek Jajaran.
‘Malam Kerukunan Antar Umat Beragama Se-Kota Dumai’ ini menampilkan berbagai macam kesenian dari masing-masing Lintas Agama yakni Agama Islam menampilkan Hafidz Quran, Agama Kristen menampilkan Musik Akustik Rohani BKGD dan Agama Kong Hu Cu menampilkan Tarian Payung.
Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK Msi menyampaikan, bahwa beberapa harapan dan tujuan yang ingin dicapai dengan dilaksanakannya Malam Kerukunan Antar Umat Beragama se-Kota Dumai ini ialah terjalinnya hubungan Dan komunikasi yang baik antara Polres Dumai dengan seluruh Tokoh Agama se-Kota Dumai, Terciptanya Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama di Kota Dumai serta dengan terwujudnya Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama di Kota Dumai Dapat Menciptakan Situasi Kamtibmas yang Kondusif di Kota Dumai.
” Malam Kerukunan Antar Umat Beragama Se-Kota Dumai ini kembali digelar guna mengunggah kembali rasa kebangsaan dan kekeluargaan yang dilihat dari latar belakang agama yang berbeda-beda. Negara kita merupakan Negara Hukum yang dilandasi Pancasila, lahirnya kemerdekaan Bangsa Indonesia juga didasari atas peran serta seluruh perjuangan para pejuang Bangsa Indonesia yang berasal dari beragam Agama dan Suku Bangsa. Bangsa Indonesia memiliki 4 (empat) Pilar Kebangsaan yaitu NKRI, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila sehingga tidak perlu ada lagi keraguan diantara kita untuk bersama-sama membangun Kota Dumai lebih maju dan dikenal serta dipandang dimata Nasional dan Internasional,” terang Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi.
Dengan ini pula, lanjut Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi, Ia menghimbau dan mengajak kepada seluruh Pemimpin dan Tokoh Umat Beragama se-Kota Dumai untuk dapat menjadi Contoh Suri Teladan bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kota Dumai sehingga Visi dan Misi Kota Dumai dapat kita raih.
“ Walikota Dumai sudah bekerja dan memperhatikan seluruh Rencana Pembangunan Kota Dumai, untuk itu saya mengajak seluruh Pemuka Agama untuk dapat mendukung Program Pemerintah Kota Dumai. Dan kepada seluruh pimpinan dan pejabat Pemerintah Kota Dumai, Pimpinan dan Tokoh Umat Beragama se-Kota Dumai dan seluruh masyarakat Kota Dumai saya mengucapkan terima kasih untuk kerja sama yang baik selama ini. Namun selain melalui usaha, segala capaian selama ini juga tentunya tidak dapat diraih tanpa adanya Do’a, semoga kedepannya Kota Dumai tetap dan semakin aman, nyaman dan tentram,” pungkas Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi.
 
Menanggapi hal tersebut, Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli As MSi menyampaikan bahwa kegiatan malam ini yang ditaja langsung oleh Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi bersifat sangat hakiki dalam berbangsa dan bernegara. Bangsa kita didirikan dan dimerdekakan dengan suatu perjuangan yang sangat besar, sehingga pada hari ini kita sebagai pelaku sejarah untuk kota Dumai bersama-sama sepakat untuk membuat sejarah yang manis untuk seluruh generasi kita selanjutnya. Kota Dumai memiliki masyarakat yang majemuk sebab berasal dari beragam suku dari sejumlah daerah dinusantara, dan hingga kini situasinya kondusif dan aman sehingga generasi muda kita bisa berkreatifitas.
 
“Apa yang telah dilakukan dan diupayakan oleh Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting SIK MSi sangatlah harus kita apresiasi bersama, karena melalui kegiatan dan forum seperti inilah Silaturahmi Antar Kerukunan Antar Umat Beragama se-Kota Dumai dapat terjalin dengan baik,” pungkas Walikota Dumai.

Share ke Media Sosial ...