Peringati HUT RI ke 73, Pemko Dumai Gelar Upacara di TBG

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 73 tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai akan menggelar upacara detik – detik Proklamasi.

Berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Kali ini, Pemko Dumai akan menggelar upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di Taman Bukit Belanggang (TBG) Jalan HR. Soebrantas, Kota Dumai pada Jum’at (17/08/2018).
” Biasanya kita menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI di Kantor Walikota, Jalan Perwira, Kelurahan Bagan Besar. Tapi, kali ini kita melaksanakannya di tengah kota. Dengan harapan, seluruh masyarakat Dumai dapat menyaksikan peringatan detik – detik proklamasi ke 73 tahun 2018,” ungkap Plt. Asisten III Pemko Dumai H. Khairil Adli saat melihat persiapan di Taman Bukit Gelanggang, Jalan HR Soebrantas.
Pantauan dilapangan, berbagai rangkaian persiapan Hari Kemerdekaan telah dimulai sejak Selasa (14/08/2018), dilanjutkan dengan Gladi bersih pada Rabu (15/08/2018). Setelah itu pada malam harinya dilaksanakan pengukuhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pakibraka) oleh Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS di Gedung Pendopo, Jalan Putri Tujuh.
Kemudian pada Kamis malam (16/08/2018) sekira pukul 23.45 WIB akan dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Damai Sentosa, Jalan Soekarno-Hatta.
Selanjutnya pada Jum’at (17/08/2018) sekira pukul 07.30 WIB terlebih dahulu akan dilaksanakan upacara bendera Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, khusus Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemko Dumai yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai Ir. Muhammad Nasir bertempat di Halaman Kantor Bersama, Jalan HR. Soebrantas.
Puncaknya, sekira pukul 09.45 WIB, Walikota Dumai Drs. Zulkifli AS akan memimpin langsung upacara Peringatan Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun 2018 bertempat di Taman Bukit Gelanggang, Jalan HR. Soebrantas, Dumai. Sedangkan, untuk pembacaan teks Proklasmasi oleh Ketua DPRD Kota Dumai Gusri Effendi.
Usai upacara Peringkat Detik – Detik Proklamasi, Rangkaian HUT RI ke 73 tahun 2018 di Kota Dumai akan dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih yang dipimpin oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo sekira pukul 17.00 WIB bertempat di Taman Bukit Gelanggang.
Rangkaian HUT RI ke 73 tahun 2018 di Kota Dumai ditutup dengan Malam Resepsi dan Kesenian bertempat di Balai Pertemuan Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh Dumai pada Jumat malam (17/08/2018) sekira pukul 19.30 WIB.