Pemko Dumai Gelar Peringatan Malam Nuzul Qur’an

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Pemerintah Kota Dumai melalui bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (ADM Kesra) melaksanakan peringatan malam Nuzul Qur’an. Peringatan malam Nuzul Qur’an dibuka langsung oleh walikota Dumai, Drs. H. Zulkifli AS, M.Si dihalaman Eks kantor walikota Jalan HR Soebrantas Dumai, Senin sore (12/6).
Hadir pada kesempatan itu Sekdako Dumai, Drs. H. Muhammad Nasir, MP, FKPD Kota Dumai, Pimpinan DPRD Dumai, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat dan Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan undangan lain.
Peringatan malam Nuzul Al-Qur’an berlangsung hikmat karena diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Acara semakin istimewa dengan kehadiran ustad Irfan Yusuf dari Kota Medan sekaligus menyampaikan tausiyah pada perayaan Nuzul Qur’an.
Mengawali sambutannya, walikota Dumai, memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya seperti nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga kita semua pada hari ini dapat berkumpul dalam rangkaian kegiatan memperingati malam nuzul Qur’an.
Walikota mengajak kepada kita semua untuk merenungkan kembali hikmah peristiwa Nuzulul Qur’an. “Melalui kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk merenungkan kembali hikmah peristiwa nuzul Qur’an atau peristiwa turunnya Al-Qur’an pada bulan Ramadhan.” Kata Walikota
Lanjutnya, Al Qur’an merupakan firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupan demi mencapai kebahagiaan lahir dan batin, baik di dunia maupun di akhirat.
Untuk itu, mari kita jadikan peringatan nuzul Qur’an sebagai momentum memahami dan memaknai isi kandungan Al-Qur’an baik yang tersurat maupun yang tersirat lalu diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Harapnya
Sementara itu, H. Asnam Kabag ADM Kesra Setdako Dumai mengatakan bahwa peringatan Nuzul Qur’an merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemko Dumai melalui Bagian ADM Kesra Setdako Dumai pada 17 Ramadhan setiap tahunnya.
“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk memperingati peristiwa turunnya Al-Qur’an atau yang kita kenal dengan Nuzul Qur’an.” Katanya
Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT serta sebagai mometum memahami dan memaknai isi kandungan Al-Qur’an baik yang tersurat maupun yang tersirat.
“Untuk itu kami berharap apa yang menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dapat terwujud salah satunya memahami peristiwa Nuzul Quran untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT lalu memahami dan memaknai isi kandungan Al-Qur’an sebagai pedoman kehidupan kita sehari-hari.” Terangnya
Terakhir Ustad Irfan Yusuf dalam tausiah agamanya mengajak seluruh umat muslim agar menjadikan momen peringatakan nuzul Al-Qur’an sebagai momen mengintropeksi diri, apakah perbuatan kita sesuai dengan yang diperintahkan dalam Al Qur’an atau belum.
Selanjutnya Ustad Irfan Yusuf mengajak umat muslim agar jangan menjadikan Al-Quran sebagai hiasan semata, dan tidak saja hanya membacanya, namun kita diajak untuk dapat memahami dan memaknai isi kandungan Al-Qur’an baik yang tersurat maupun yang tersirat, serta menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup sehari-hari.

Share ke Media Sosial ...