Pelepasan Balon dan Pemotongan Tumpeng Tandai Pembukaan Perkemahan Besar Hari Pramuka ke 56

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Pelepasan balon ke udara dan pemotongan tumpeng oleh Walikota Dumai Zulkifli As didampingi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Dumai Drs Amiruddin dan Ketua Panitia Pelaksana Kak Alamsyah tandai pembukaan perkemahan besar sempena hari pramuka ke 56 tahun 2017 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Muda Kirana, Jalan Tuanku Tambusai (Perwira,red), Kelurahan Bagan Besar pada Jumat (22/09/2017) sekira pukul 16.30 WIB.
Lain dari biasanya, pada saat pembukaan perkemahan yang dilangsungkan dengan Upacara tersebut, tampak di pimpin oleh seorang Putri yang diketahui bernama Nickita Putri dari Gugus Depan Bukit Datuk dan juga penampilan Konfigurasi Huruf ” Kemah Hari Pramuka 56 “.
Saat menjadi pembina upacara Walikota Dumai Zulkifli As mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta, khususnya peserta dari luar Dumai, yakni Kampar, Inhu dan Pekanbaru.
” Atas nama Pemko Dumai, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh Kwarcab Gerakan Pramuka dan jajarannya yang telah dapat menempatkan skala prioritas dalam setiap kegiatan-kegiatannya dan semoga kegiatan ini berkelanjutan,” kata Walikota.
” Bekerja Bagi Kaum Muda Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa ” merupakan tema peringatan Hari Pramuka ke 56. Tema ini, menurut Wako, merupakan refleksi dari harapan bangsa terhadap gerakan pramuka khususnya dan generasi muda pada umumnya.
” Kita berharap wadah gerakan pramuka tidak hanya sebagai pelengkap pendidikan formal di sekolah, akan tetapi juga di harapkan dapat membina dan membentuk generasi muda yang berkepribadian nasional yang tangguh, karena itu program-program kepramukaan Kota Dumai ke depan Insya Allah akan terus kita berikan dukungan baik moril maupun materi,” harap Zul As seraya menambahkan, Hal inipun sangat dituntut kesungguhan kita bersama dalam mengelola program – program kegiatan dan program-program pembangunan Kota Dumai di masa mendatang.
Ditambahkan Wako, anak – anak Pramuka ditempa dan digembleng dengan berbagai kegiatan yang membuat mereka mampu bertahan dimanapun dan dalam situasi apapun. Apalagi mereka (Pramuka.red) adalah generasi yang hidup dalam tantangan dunia yang menglobal, mulai dari maraknya kemajuan IT dan zaman cyber yang jelas-jelas menantang.
” Namun saya yakin, dengan menanamkan karakter yang kuat generasi ini akan berhasil melewati itu semua dan tampil menjadi pemimpin di daerah ini, pemimpin bangsa ini di tahun mendatang,” imbuh Wako.
Terakhir, orang nomor satu di Kota Dumai ini mengimbau, seluruh peserta untuk melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh pertimbangan dan kearifan serta tetap menjunjung tinggi kode kehormatan pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.
Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Dumai Drs Amiruddin meminta kepada seluruh peserta perkemahan besar yang dilaksanakan selamavtiga hari ini, disamping menjaga kebersamaan dan kekompakan, tidak kalah penting untuk tetap menjaga kesehatan dan keamanan.
“Kepada panitia, kiranya panitia dapat melaksanakan tugas secara baik dan memberikan penilaian yang benar dan sesuai dengan kemampuan para peserta dan tidak melihat apakah itu kota Dumai atau luar kota Dumai. Dan jika memang yang terbaik berikan nilai yang terbaik,” pesannya.
Tak lupa, Amiruddin juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan Pemko Dumai meskipun saat ini belum maksimal dan tentunya kedepan kita berharap support yang diberikan Pemko untuk kegiatan Pramuka ini lebih maksimal, karena kita membentuk karakter generasi penerus bangsa.
” Dan kepada kakak – kakak panitia juga kita ucapkan terima kasih. Dimana, sebulan penuh panitia mempersiapkan acara yang terlaksana pada hari ini. Tetap semangat dan jaga kekompakan,” ucap Amiruddin seraya menambahkan, Semoga kedepannya Bumi Perkemahan Muda Kiranya ini terus digunakan untuk kegiatan – kegiatan kepramukaan di kota Dumai.
Pantauan dilapangan, usai upacara Walikota Dumai Zulkili As juga menyematkan tanda peserta perkemahan dan juga memberikan piagam penghargaan kepada perwakilan anggota Pramuka Dumai yang telah mengikuti Raimuna Nasional tahun 2017 di Cibubur, Jakarta.
Kemudian Walikota didampingi Ketua Kwarcab Drs Amiruddin, Ketua Panitia Kak Alamsyah, unsur Forkompimda, Anggota DPRD Dumai dan Pengurus Kwarcab, Kwarran, Andalan Cabang dan Ranting menyempatkan diri meninjau Camp – Camp peserta Perkemahan. (dika cp)