Muscab ke XII Gerakan Pramuka Dumai Di Buka Wako Ajak Semua Pihak Selamatkan Generasi Muda

Berita Dumai Berita Umum

Dumai – Pembukaan Muscab ke XII Gerakan Pramuka Kota Dumai Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Walikota Dumai H. Zulkifli AS digedung Pramuka Jalan Kesehatan pada Sabtu (25/03).
Gerakan Pramuka merupakan wadah untuk menciptakan generasi-generasi berkualitas, berbudi luhur, beriman dan bertaqwa dengan program-program pelatihan jasmani dan rohani, namun tidak hanya menjadi wadah pencetak generasi berkualitas, gerakan pramuka juga memiliki tujuan luhur serta ikut mendukung kegiatan pembangunan bangsa.
 
Musyawarah cabang adalah forum tertinggi gerakan pramuka di tingkat cabang yang bertujuan untuk mengevaluasi program kerja kepengurusan yang ada. Serta menyusun kembali rencana-rencana yang luar biasa untuk gerakan pramuka kedepannya. Maka, makna kegiatan ini bukan hanya sebagai silaturahmi kita bersama namun juga sebagai pengokoh ikatan kerjasama yang baik antara kita semua kedepannya.
 
Gerakan pramuka dalam melaksanakan fungsinya sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kaum muda Indonesia mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda agar menjadi generasi yang lebih baik serta mampu bertanggungjawab membina dan mengisi kemerdekaan nasional dengan segala hal yang bermanfaat. 
 
Pada kesempatan itu Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, Msi mengatakan, fenomena-fenomena pada generasi penerus bangsa saat ini kian memperihatinkan.
 
” Dimana kita lihat bersama, khususnya Kota Dumai baik secara fakta maupun melalui media-media sosial, sebahagian generasi penerus dari berbagai tingkatan mayoritasnya dari kalangan pelajar mulai membentuk kelompok-kelompok seperti geng-geng tersendiri yang belum tentu jelas arah tujuannya, ini perlu kita sikapi bersama. Kita menghawatirkan kegiatan mereka mengarah keaktifitas yang negatif, hal ini terjadi kemungkinan kesalahan ada pada kita, kurangnya kontrol bersama terhadap generasi penerus dan para pelajar,” ungkap Zul As.
 
Kaitan dengan kontrol bersama, menurut Walikota, tak terlepas dari tanggung jawab peran serta orang tua, bahkan dilingkungan sekolah pun orang tua wajib mengontrolnya, saling berkordinasi dengan pihak sekolah.
 
” Hal paling menantang kedepanya bagi para generasi muda penerus bangsa dan para pelajar adalah persoalan narkoba, tawuran antar pelajar, bahkan menurut hasil penelitian sebahagian mahasiswa Kota Dumai, pengunjung terbanyak ditempat-tempat hiburan malam seperti karaoke dan cafe adalah dari kalangan pelajar, menyikapi hal tersebut Pemerintah Kota Dumai akan menertipkan kembali tempat-tempat hiburan tersebut,” tegas Walikota.
Kemudian Wako menambahkan, alhamdulillah saat ini pihak aparat kepolisian Kota Dumai terlihat agresif, tanggap dan cepat aksi.
 
” Hasil pengamatan saya, setiap malam pihak kepolisian kita melakukan patroli. Salah satu target utama adalah menertibkan para pelajar yang masih keluyuran hingga larut malam, tujuannya, untuk menyelamatkan generasi muda dan para pelajar dari aktivitas kearah negatif yang pada akhirnya akan berdampak kerugian yang besar bagi kita semua,” kata Zul As seraya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyelamatkan generasi penerus dan para pelajar dari hal-hal yang berpengaruh buruk dan semoga melalui kegiatan kepramukaan ini dapat merangkul para pelajar Kota Dumai kearah yang lebih baik.