Meriahkan Hari Pramuka Ke 56, Kwarcab Dumai Gelar Pekemahan Besar di Buper Muda Kirana

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Dumai akan menggelar perkemahan akbar di Bumi Perkemahan (Buper) Muda Kirana, Jalan Tuanku Tambusai (Perwira,red), Keluran Bagan Besar, pada tanggal 22 – 24 September 2017 dengan mengangkat Tema “Bersama Dalam Satu Tujuan” dan Motto “ Satyaku Kudarmakan – Darmaku Kubaktikan ”.

“ Pertemuan besar Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-56 Tahun 2017 yang diselenggarakan dalam bentuk perkemahan diberi nama ‘Perkemahan Besar Hari Pramuka Ke-56 Kwartir Cabang Kota Dumai Tahun 2017’,” ungkap Ketua Pelaksana Kak Alamsyah saat ditemui di Buper Muda Kirana, Senin (18/09/2017).

Ia menjelaskan, dasar penyelenggaraan kegiatan ialah Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka serta Program Kerja Kwartir Cabang Kota Dumai Tahun 2017.

Sedangkan maksud diselenggarakannya Perkemahan Besar yakni    Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha EsaMeningkatkan kecintaan pada Tanah Air, Meningkatkan tali persaudaraan dan Membentuk sikap teguh, mandiri, berkarakter, rela berkorban dan penuh tanggungjawab.

“ Tujuannya yakni, Meningkatkan kedisiplinan, keterampilan, kecakapan dan pengetahuan anggota Pramuka, Memperoleh tambahan keterampilan dan pengalaman. Menjadi kader pembangunan bangsa, Memupuk dan mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dan Meningkatkan ketahanan fisik dan mental menghadapi persaingan global,” terang Kak Alamsyah yang sehari – hari bekerja di Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai.

Lanjutnya, Perkemahan yang diselenggarakan dari tanggal 22 – 24 September 2017, dibagi dalam dua kelompok yakni, untuk Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak / Pandega, diselenggarakan dalam bentuk Perjusami mulai pukul 14.00 WIB hari Jumat tanggal 22 September 2017 sampai dengan pukul 14.00 WIB hari Minggu tanggal 24 September 2017.

“ Khusus Pramuka Siaga akan diselenggarakan dalam bentuk Persari dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 24 September 2017, mulai pukul 07.30 sampai dengan 14.00 WIB,” jelasnya.

Kak Alamsyah yang juga Anggota LANAL Dumai ini menambahkan, Peserta Perkemahan  Besar Pramuka ini adalah anggota Pramuka yang aktif di gugus depan (gudep) baik Siaga, Penggalang maupun Penegak/Pandega. Dan satu gudep hanya boleh mingirimkan satu regu (putra dan putri) dengan maksimal satu regu berjumlah 10 orang, minimal 8 orang.

“ Peserta Perkemahan Besar ini tidak hanya dari Gudep yang ada di Kota Dumai, melainkan juga ada yang dari luar Dumai, seperti Siak, Pekanbaru, Kampar dan beberapa daerah lainnya yang ada di Provinsi Riau,” imbuhnya.

Dalam Perkemahan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, juga akan diisi beragam kegiatan dan perlombaan untuk Siaga, Penggalang, Penegak/Pandega.

“ Dengan adanya perkemahan besar ini kita berharap, seluruh peserta mendapatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan baru, sehingga kita benar – benar membina adik – adik kita menjadi orang yang ber – karakter. Selain itu, kita juga memperkenalkan Buper ini kepada masyarakat luas agar kedepannya dapat digunakan dan dimaksimalkan untuk kegiatan – kegiatan positif, agar kelestariannya tetap terjaga,” harap Kak Alamsyah.

Untuk konfirmasi dan informasi Perkemahan Besar Hari Pramuka ke-56 dapat menghubungi Kak Yuston : 0812-750-3289  (WA) dan Kak Riri            : 0813-7192-5559 (WA).


 

Share ke Media Sosial ...