Medang Kampai Akan Dijadikan Prioritas Pengembangan Ekonomi Kota Dumai

Berita Dumai Berita Umum Nasional

PEKANBARU – Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, Yan Prana Jaya memimpin rapat koordinasi (Rakor) penyusunan Rancangan Daerah Tata Ruang (RDTR) Bagian Wilayah Perkotaan (BWP) prioritas pengembangan ekonomi di Kota Dumai dengan fokus wilayah perencanaan Kecamatan Medang Kampai.

Ia menyampaikan, hendaknya rencana pembangunan untuk pemanfaatan ruang di Medang Kampai dapat meningkatkan sektor ekonomi, tidak hanya di wilayah Medang kampai juga berdampak pada wilayah sekitarnya.

“Artinya pembangunan ini juga berdampak ekonomi pada daerah sekitarnya, salah satunya untuk wilayah Rupat,” ucapnya, di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, akhir pekan kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Dumai, Herdi Salioso memaparkan tujuan penataan ruang BWP Medang Kampai adalah untuk mewujudkan perkotaan Medang Kampai sebagai pusat industri nasional dan pariwisata berbudaya melayu yang berketahanan.

Ia melanjutkan, sasaran pembangunan tersebut untuk penguatan peran dan fungsi Medang Kampai sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN).

“Sasaran selanjutnya mengembangkan Medang Kampai sebagai kawasan industri nasional yang mempertimbangkan daya dukung dan daya tampung wilayah,” sebutnya.

Herdi Salioso menambahkan, sasaran berikutnya mengembangkan kawasan wisata teluk makmur sebagai kota hijau berkelanjutan berbudaya melayu, menyiapkan ruang untuk kepentingan pertahanan dan keamanan.

Serta untuk pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana untuk mendukung perwujudan kawasan permukiman layak huni.

“Landasan hukum pembangunan itu salah satunya Kecamatan Medang Kampai sebagai salah satu kawasan inti dari PKSN Dumai diatur dalam Perpres Nomor 43 tahun 2020,” tutupnya.