Lomba Mancing HUT Dumai ke 18 Dibuka Gubri

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman secara resmi membuka Lomba memancing dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-18 Kota Dumai diikuti oleh ratusan orang yang berasal dari lokal, provinsi tetangga dan negara tetangga.

Kegiatan yang dipusatkan di TPI Pelabuhan Kota Dumai itu menjadi perlombaan bertaraf internasional, karena diikuti peserta dari Negara Tetangga yakni Malaysia.

Event memancing ini disambut antusias oleh masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dengan menurunkan sekitar 150 unit pompong untuk memfasilitasi para peserta ‘mancing mania’.

Berdasarkan informasi yang diterima dari panitia acara, peserta yang berasal dari luar Dumai dalam event lomba memancing ini diantaranya, tiga orang dari Malaka, satu orang dari Selangor, tiga orang dari Jakarta, empat orang dari Kota Pekanbaru, dua orang dari Batam, Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir.

Mereka beraksi dengan joran-jorannya masing-masing untuk memperebutkan hadiah dari Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman berupa satu unit sepeda motor.Sebagai wujud dukungan atas terselenggaranya event ini, Gubernur Riau pun jauh-jauh datang dari Pekanbaru hadir secara langsung untuk menyemarakkan acara.

Gubernur berharap event memancing tersebut bisa diteruskan menjadi event-event besar baik tingkat nasional maupun internasional. Ia yakin itu akan berhasil mengingat Kota Dumai yang mempunyai pelabuhan ikan dan sebentar lagi akan menjadi pelabuhan industri.

“ Mudah-mudahan setelah ada tol Pekanbaru-Dumai dan railway Sumatera, event memancing ini bisa diadakan lagi dengan peserta yang lebih banyak lagi,” ujar Gubri sebelum melepas peserta lomba berlayar dengan pompong-pompong yang telah disiapkan, Minggu (23/4/2017).

Dengan begitu, lanjut Andi, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan ke Dumai akan bertambah. Sehingga manfaat perputaran uangnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat tempatan.

“ Kita harus memanfaatkan potensi yang ada untuk mengeliatkan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Sementara, Walikota Dumai H. Zulkifli AS menambahkan, bahwa lomba mancing ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemko Dumai melalui Dinas Pariwisata dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Dumai.

“ Kita juga berharap, kegiatan ini sebagai ajang promosi daerah guna meningkatkan kunjungan wisata di Dumai,” tukasnya.