Lanal Dumai bersama Forkompimda Musnahkan Ribuan Bungkus Rokok dan Puluhan Miras

Berita Dumai Berita Umum Bidang Perhubungan Laut Nasional

DUMAI – Walikota Dumai dalam hal ini diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum H. Khairil Adli bersama Danlanal Dumai, Kapolres Dumai, Kajari Dumai, Kepala Bea dan Cukai Dumai melakukan pemusnahan barang bukti rokok dan miras yang berhasil diamankan Pangkalan TNI AL (Lanal) Dumai.

“Pada hari Sabtu, 22 Februari 2020 sekitar pukul 11.00 WIB, Pos AL Selatpanjang jajaran Lanal Dumai telah mengamankan sebanyak 9 koper yang berisi kurang lebih 500 slop rokok luffman non cukai dan 3 kotak berisi kurang lebih 30 botol miras ilegal jenis Countreau dan Red Label asal Batam di Pelabuhan Tanjung Harapan, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau,” ungkap Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan dalam press releasenya, Senin (22/06/2020).

Barang ilegal tersebut diamankan oleh anggota Polsek selat panjang pada saat melaksanakan kegiatan pengamanan di pelabuhan penumpang Tanjung Harapan Selat Panjang dan menemukan sebanyak enam (6) koper yang dicurigai berisi barang ilegal di taruh di ponton pelabuhan dan 3 koper lainnya ditemukan di atas kapal feri penumpang MP Batam Jet 3 yang sedang sandar menurunkan dan menaikkan penumpang tujuan Batam – Selat Panjang – Dumai.

“Setelah dilaksanakan pengecekan terkait pemilik dan isi koper tersebut, ditemukan koper-koper tersebut berisi rokok non Cukai dan miras ilegal tanpa pemilik. Kemudian barang-barang ilegal tersebut di bawa ke pos AL Selatpanjang untuk selanjutnya dibawa ke Lanal Dumai untuk proses lebih lanjut”, jelas Danlanal.

Setelah melalui beberapa proses dan berdasarkan telegram Panglima Koarmada 1 No. 17.509/ARMA I/0620 TWU. 0608.1945, pada hari ini Lanal Dumai disetujui untuk melaksanakan pemusnahan barang bukti yang diamankan oleh Pos AL Selatpanjang Lanal Dumai tersebut.

Lebih lanjut Danlanal mengatakan, Lanal Dumai beserta jajaran Pos AL terus melakukan patroli keamanan laut guna mencegah terjadinya penyelundupan barang barang ilegal, narkoba, TKI dan lainnya yang masuk melalui jalur darat di wilayah kerja kami dengan bekerjasama dengan instansi terkait.

Di tempat yang berbeda, Asisten III H. Khairil Adli mengatakan Pemerintah Kota Dumai memberi apresiasi sebesar-besarnya atas kinerja satuan angkatan laut Kota Dumai yang berhasil menangkap barang-barang selundupan, karena hal tersebut dapat menggangu stabilitas perekonomian kita dimana barang ilegal yang pasti non cukai tidak membayar pajak ke negara.

“Oleh karena itu, Pemerintah berterima kasih atas kerja keras ini semoga Pemerintah Kota Dumai dan Forkopimda selalu bersinergi untuk dumai yang lebih baik”, kata H. Khairil Adli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *