KTP-elektronik Terbit Sejak 2011 Berlaku Seumur Hidup

Berita Dumai Berita Umum Bidang DALOPS Bidang Perhubungan Darat Bidang Perhubungan Laut Bidang Perhubungan Udara

Dumai – Bagi masyarakat Kota Dumai yang sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau E-KTP tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlaku KTP, meski ada batas berlaku yang tertera dalam KTP tersebut.

Sehingga e-KTP yang sudah kadaluwarsa pun tidak perlu diperpanjang, karena sudah berlaku seumur hidup.
Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, Suardi. Kepada seluruh masyarakat yang sudah memilik E-KTP tidak perlu melakukan perpanjangan.
” bagi masyarakat Dumai yang memiliki KTP Elektronik yang ada masa berlakunya dan diterbitkan sejak 2011 tidak perlu melakukan pergantian KTP baru. Karena, E-KTP sudah berlaku untuk seumur hidup,” ujarnya.
Pemberlakuan e-KTP tersebut, lanjut Suardi,  sesuai dengan UU no 23 Tahun 2016 dan sesuai dengan perubahan UU no 24 Tahun 2013 yang menyatakan KTP tersebut berlaku seumur hidup.
” Jadi, warga yang masa berlaku KTP elektroniknya habis, selama itu tidak rusak, tidak usah melakukan perpanjangan. Itu berlaku seumur hidup,” imbuhnya lagi.
Menurut Suardi, pihaknya juga sudah mensosialisasikan informasi tersebut kepada seluruh masyarakat, namun ada juga masyarakat yang belum mengetahui hal itu secara pasti, dimana mereka datang ke Kantor Disdukcapil untuk mempertanyakan masa berlaku e-KTP mereka.
” Kita sudah melakukan sosialisasi melalui media cetak guna menginformasikan kepada masyarakat, dan kita juga telah membuat surat edaran ke setiap Kecamatan akan hal itu,” terangnya.
Terakhir, mantan Kepala Kantor Pelayanan Pasar (KPP) Dumai itu tidak lupa menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak memberdayakan Calo dalam melakukan pengurusan Administrasi di Disdukcapil Kota Dumai, sebab pengurusannya tidak sulit dan tidak dipungut biaya. (Dika)
Share ke Media Sosial ...