KSO Pertagas PGN bangun Proyek Pipa Gas Duri Dumai

Berita Dumai Berita Umum
Dumai — Kerja Sama Operasi (KSO) Proyek Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai (PGDD) saat ini tengah melakukan pembangunan pipa transmisi gas bumi proyek PGDD yang sedang dikerjakan di pinggir Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan  Bukit Kapur, Dumai, Riau.
Adam Nur Bawono, selaku Integrated Team Leader Sumatera dan Transmisi PT PGN menjelaskan, proyek pembangunan pipa gas Duri-Dumai ini merupakan KSO antara PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan PT Pertamina Gas, anak usaha PT Pertamina (Persero).
Sesuai KSO yang ditandatangani pada 10 November 2017, PGN memegang porsi 40 persen, sedangkan Pertagas 60 persen.
“Untuk kontraktor dari KSO ini dikerjakan sepenuhnya oleh Patra Drilling Contractor (PDC) dan Elnusa,” ujar Adam.
Rencananya PGN dan Pertamina akan membangun pipa transmisi sepanjang 67 kilometer.
Gas yang akan dialirkan ke pipa ini berasal dari Blok Corridor yang dikelola oleh ConocoPhilips di Sumatera Selatan. Selain itu, akan ada tambahan gas dari Blok Bentu yang dioperasikan oleh Energi Mega Persada (EMP).
Total pasokan gas yang akan mengalir ke jaringan pipa transmisi tersebut sekitar 200 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Gas tersebut akan dialirkan untuk memenuhi kebutuhan industri di Riau, kebutuhan pelabuhan, industri petrokimia, dan kebutuhan operasional kilang Dumai Pertamina serta kedepannya direncanakan untuk kebutuhan komersil dan rumah tangga. (Rls).
Share ke Media Sosial ...