Kota Dumai Terima Anugerah Pangripta Nusantara (APN) Ke-1 tingkat Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau

Berita Dumai Berita Umum

Dumai – Dalam memantapkan Pembangunan Infrastruktur, Iklim Investasi dan Pariwisata, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau Tahun 2017 di Ballroom Hotel Aryaduta, Selasa (21/03/2017) kemarin.
Dalam sambutannya Gubri menyampaikan sambutan agar 12 kabupaten/kota menggali potensi-potensi dari segi pariwisata, “Untuk memantapkan pembangunan insfrasruktur kami di riau menggali potensi potensi yang ada di 12 kabupaten kota terutama dari segi pariwisata karna ini dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pemeratanan ekonomi”
Dalam Sambutannya Gubernur Riau  H. Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan, untuk meningkat pertumbuhan ekonomi Riau yang cendrung menurun diakibatkan pengurangan dana bagi hasil migas dan turunnya harga komoditas utama seperti sawit dan karet, maka Provinsi Riau kedepan akan meningkatkan sektor pariwisata guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Ada tiga sektor pariwisata unggulan di Riau dan sekarang sudah menjadi perhatian Kementerian Pariwisata untuk ditingkatkan infrastruktur dan sarana pendukung lainnya dibidang kepariwiasataan yakni, Bono di Pelelawan, Bakar Tongkang di Rokan Hilir dan Pacu Jalur di Kuantan Singingi.
” Kepada Bupati/Walikota, saya juga berharap dapat menggali potensi dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di daerahnya masing – masing,” pinta Gubri saat membuka Musrenbang.
Sementara Menpan Reformasi dan Birokrasi RI Asman Abnur meminta kepada seluruh Bupati dan Walikota serta Gubernur Riau, agar semua mengurangi kegiatan seremoni dan fokus dalam menjalankan tugas dengan baik. Terutama ASN yang selama ini dianggap kurang cakap. ” Ada 4,5 juta ASN di Indonesia, hendaknya bekerja maksimal. Tidak hanya dengan opini, namun mengubah kerja,”ujar Asman.
Asman juga berpesan agar Pemda memberikan pelayanan yang bersifat transparan dan terukur didalam bekerja. Bahkan kedepàn, Ia merencanakan disetiap kementerian dan pemda mempuyai mol pelayanan publik. ” Jadi tidak ada lagi nanti orang berurusan dengan pemerintah harus menjumpai pejabatnya. Semuanya sudah ada aturannya pada mol pelayanan publik tadi,” terangnya.
Pada kesempatan itu, Menpan RB Asman Abnur juga menyampaikan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah di lingkungan Provinsi Riau dan Kota Dumai ada di peringkat 7 dari 12 kabupaten/kota.
Sedangkan dikegiatan yang sama, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menerima Anugerah Pangripta Nusantara (APN) ke-1 tingkat Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau. Anugerah ini diserahkan langsung oleh Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahman kepada Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dalam acara MUSREMBANG Provinsi Riau 2017.
” Anugrah APN adalah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang telah melaksanakan proses pembangunan secara baik, dan saya berharap semoga kedepan seluruh OPD dapat meningkatkan kinerja guna mewujudkan pertumbuhan pembangunan yang optimal dan pemerataan ekonomi daerah,” ujar Eko.
Hadir dalam Musrenbang Provinsi Riau 2017, Asman Abnur Menpan RB RI, Gubernur Riau  H. Arsyadjuliandi Rachman, Mendagri yang dalam hal ini di wakili oleh Dirjen Otonomi Daerah Sonie Soemarsono, BAPPENAS RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Evaluasi Kinerja Pembangunan Rizky Febrianto, Menteri Kelautan dan Perikanan RI diwakili oleh Sekjen kementerian kelautan dan perikanan Rifky Effendi Hardijanto, Menteri Keuangan RI yang diwakili oleh Direktur Dana Perimbangan Putut Hari Satyaka, Menteri PUPR RI Serta Bupati/Walikota, Ketua DPRD dan Kepala BAPPEDA Se-Provinsi Riau, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo dan Kepala BAPPEDA Dumai Marjoko Santoso.

Share ke Media Sosial ...