Kini, Terminal Barang Dumai Dikelola Pihak Swasta

Berita Dumai Berita Umum Bidang DALOPS Bidang Perhubungan Darat

DUMAI – Terhitung 1 Juli 2018, Pemungutan retribusi parkir khusus di Terminal Barang dan Truk Kota Dumai resmi dikelola pihak swasta dan ditargetkan mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp19,1 miliar pertahun.

“ Terhitung 1 juli 2018, Penarikan retribusi parkir di terminal barang resmi dikelola swasta dan rekanan sudah menyetor pad sebulan Rp1,61 miliar ke kas daerah,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai Asnar, SP.

Ia memastikan pengalihan kewenangan penarikan retribusi parkir sudah berproses, baik secara pengkajian, teknis, tahap pelelangan dan pendapat hukum kejaksaan.

Dijelaskannya, rekanan hanya berwenang mengelola penarikan retribusi parkir khusus dan bertanggungjawab atas pembayaran 63 tenaga honorer yang bekerja di terminal barang tersebut.

Dinas Perhubungan Dumai masih menjadi otoritas pengelola di teminal barang dan truk, dan rekanan diminta membayar lebih awal target PAD sekitar Rp1,6 miliar setiap akhir bulan.

“ Tahap pertama kontrak pemungutan parkir selama enam bulan, dan akhir 2018 akan dievaluasi, jika mereka tidak menyetor diawal maka kontrak akan diputus,” bebernya.

Pengalihan kewenangan penarikan parkir khusus ini dalam rangka penghematan anggaran dan meningkatkan pendapatan asli daerah serta antisipasi kebocoran dana retribusi.

Dinas Perhubungan juga sudah meminta legal opinion atau pendapat hukum kejaksaan negeri setempat dan mengacu pada peraturan walikota terkait peralihan kewenangan parkir khusus ini.

PAD sektor retribusi parkir khusus di terminal barang dan truk Dumai pada 2017 lalu mencapai Rp18,1 miliar dari target setahun sebesar Rp17,9 miliar.(ar)

Share ke Media Sosial ...