Kelurahan Tanjung Palas Juarai Lomba Panjat Pinang Pertamina RU II

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Meriahkan momen Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Republik Indonesia, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai selenggarakan serangkaian kegiatan, salah satunya lomba panjat pinang. Berbeda dari panjat pinang yang lainnya, panjat pinang a la Pertamina RU II ini menjadi ajang pencarian tim dari kelurahan terbaik di sekitar Ring 1 dan Ring 2 Kilang Pertamina Dumai.

Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Bapor Perumahan Pertamina Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Sabtu (17/08/19).

Unit Manager Comm., Relations & CSR Pertamina RU II Muslim Dharmawan menyatakan kegiatan lomba untuk stakeholders eksternal ini merupakan yang pertama dilakukan di lingkungan Pertamina RU II Dumai. Sebagai edisi perdana, pihaknya sengaja memilih lomba panjat pinang sebagai salah satu icon lomba pada peringatan HUT Kemerdekaan RI.

“17-an sangat erat kaitannya dengan panjat pinang. Kami ingin berbagi semangat Hari Kemerdekaan melalui keseruan lomba panjat pinang dengan keluarga kami masyarakat sekitar kilang”, ungkap Muslim.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tentunya untuk semakin mempererat tali silaturahmi antara Pertamina dengan masyarakat sekitar kilang. Selain itu, dengan menggelar lomba 17 Agustus ini diharapkan semangat kebangsaan dapat bersama-sama dimaknai dengan bijak, baik oleh Pertamina maupun seluruh masyarakat.

“Pada edisi perdana ini kami mengundang 6 kelurahan Ring 1 dan Ring 2 Kilang yakni Kelurahan Tanjung Palas, Jaya Mukti, Teluk Binjai, Buluh Kasap, Bukit Datuk dan Bukit Timah. Masing-masing kelurahan diwakili oleh 8 orang dan memperebutkan hadiah dengan total Rp 20 Juta”, imbuh Muslim.

Setelah melewati 4 putaran, Kelurahan Tanjung Palas berhasil menjadi tim pertama yang mampu sampai ke puncak dengan catatan tercepat yakni 50 detik.

Tim yang dikoordinatori oleh Sekretaris Umum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas Dahlan Zainudin ini berhasil mencapai waktu tercepat setelah mendapatkan ritme memanjat tercepat dan melewati 7 upaya pemanjatan.

Waktu tercepat kedua diperoleh Kelurahan Tanjung Palas dengan catatan waktu 1 menit 18 detik.

Dahlan menyatakan strategi yang dipakai oleh Tim Tanjung Palas adalah dengan memperkuat fondasi pijakan yang diatur per 2 tingkatan. Dengan demikian, anggota tim dapat lebih leluasa memanjat hingga ke puncak.

“Alhamdulillah latihan dan pengaturan strategi selama beberapa hari membuahkan hasil. Memang anggota tim yang kami pilih sudah beberapa kali ikut panjat pinang. Terima kasih kepada Pertamina sudah undang kami”, ungkap Dahlan.

Muslim kembali menyatakan menang kalah dalam suatu perlombaan adalah hal yang biasa. Harapannya, kebersamaan dan silaturahmi antara Pertamina dan masyarakat menjadi hal utama yang dibawa pulang oleh seluruh peserta.

“Saya mewakili Pertamina RU II ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah berkenan memenuhi undangan kami ini. Ke depannya, silaturahmi serupa InsyaAllah akan terus kami jaga dan perkuat”, pungkas Muslim. (DIKA)