Ke Embarkasi Batam, CJH Dumai Direncanakan Naik Pesawat

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Keberangkatan sebanyak 246 calon jamaah haji (CJH) Dumai ke Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau direncanakan menggunakan pesawat terbang, dan pemerintah daerah saat ini terus mematangkan persiapan.

Persiapan dilakukan salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi bersama antara pemerintah daerah dengan Kementerian Agama dan pihak terkait untuk membahas transportasi keberangkatan dan kepulangan calon jemaah.

“ Kesepakatan awal direncanakan pemberangkatan calon haji tahun ini dari Kota Pekanbaru, namun turun edaran menteri agama bahwa belum bisa melalui Pekanbaru dan tetap melalui Batam,” ungkap Walikota Dumai H. Zulkifli As kepada wartawan baru – baru ini.

Ia menyebutkan, Pemko Dumai bekerjasama dengan salah satu maskapai penerbangan yang rutin melayani penerbangan ke dan dari Batam di bandara setempat dengan membuat kesepakatan terlebih dahulu.

Selain itu, Pemko Dumai sejauh ini baru membahas secara lisan dengan pihak maskapai, dan terkait anggaran mereka bisa bekerjasama sesuai dengan anggaran daerah tersedia.

Sebelumnya, Kepala Seksi Urusan Haji Kementerian Agama Kota Dumai H. Zakaria mengatakan, pemberangkatan jamaah calon haji musim 2017 dilaksanakan di Pekanbaru Riau, dan tidak lagi di Batam, Kepulauan Riau.

“ Mulai tahun ini pelaksanaan haji Dumai tidak lagi ke Embarkasi Batam, karena Riau sudah punya embarkasi antara di Kota Pekanbaru,” kata Zakaria kepada wartawan, Jumat 13 Januari 2017.

Menurutnya, pemindahan embarkasi ini sudah dikoordinasikan dengan panitia haji Kemenag Riau, Pemerintah Provinsi Riau, Kemenag Dumai dan Pemko Dumai untuk teknis persiapan dan pelaksanaan.

Calon haji asal Dumai sebelumnya berangkat ke Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau menumpangi jasa kapal feri ke Pelabuhan Sekupang Batam.

Sedangkan jumlah antrian masyarakat ingin berhaji di Kota Dumai menurut catatan Kemenag setempat sudah membludak mencapai 4 ribuan orang pada 2016 lalu atau hingga keberangkatan 18 tahun kedepan.


 

Share ke Media Sosial ...