Izin Masuk Kota

Ketentuan Kepengurusan Surat Izin Masuk Kota Dumai yaitu :

Dasar / Rujukan :

  1. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan;
  3. Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 24 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Terminal dan Retribusi Terminal yang telah diubah dengan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 13 Tahun 2012 tentang Perubahan Peraturan Daerah Kota Dumai Nomor 24 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Terminal dan Retribusi Terminal.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, Kepengurusan Izin Masuk Kota Dumai dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pemilik Kendaraan / Pengemudi / Kru / Penerima Kuasa mengajukan Surat Permohonan kepada Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai disertai dengan fotokopi identitas Pemohon yang masih berlaku.

Adapun formulir Surat Permohonan disediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Dumai (contoh terlampir);

imk

  1. Apabila Pemohon yang menandatangani surat permohonan bukanlah Pemilik Kendaraan yang namanya tercantum dalam Buku Uji kendaraan yang bersangkutan,  maka Pemohon harus melampirkan Surat Kuasa dari Pemilik Kendaraan kepada Pemohon, yang ditandatangani oleh Pemilik Kendaraan di atas Materai Rp. 6.000.

Adapun bentuk Surat Kuasa agar disesuaikan dengan format standar yang ditentukan oleh Dinas Perhubungan (contoh terlampir);

imk3

  1. Apabila jumlah kendaraan yang mengajukan Izin Masuk Kota, lebih dari 1 (satu) sampai dengan 20 (dua puluh) unit kendaraan, maka Pemohon tidak mengajukan surat permohonan untuk setiap kendaraan, melainkan cukup hanya menyampaikan daftar kendaraan sebagai lampiran dari sebuah surat permohonan. Untuk setiap kelipatan 20 (dua puluh) unit kendaraan berikutnya, Pemohon wajib mengajukan surat permohonan berikutnya.

Adapun formulir standar Daftar Kendaraan disediakan oleh Dinas Perhubungan Kota Dumai (contoh terlampir);

imk2

4.  Untuk setiap kendaraan yang mengajukan Izin Masuk Kota, wajib  melampirkan fotokopi Buku Uji kendaraan yang masih berlaku. Bagian dari buku uji yang wajib difotokopi adalah semua               lembar yang berisi data termasuk data masa berlaku buku uji. Hasil fotokopi harus jelas dan mudah terbaca. Demikian pula, nomor seri buku uji yang diporporasi oleh                                                     pemerintah harus terlihat dengan jelas dan tidak terpotong.

Kepengurusan Izin Masuk Kota Dumai ini dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Dumai, Bidang Darat. Yang beralamat Jl. H.R Soebrantas no.135 Dumai.

Jadwal Kepengurusan :

Senin s/d Kamis     :    08.00 – 12.00 dan 14.00 – 16.00 (WIB)

Jumat                       :    08.00 – 11.00 dan 14.00 – 16.00 (WIB)

No. Hp yang bisa di hubungi : 08113632929 –  085277302764