H-3 Perkemahan Besar Pramuka, Persiapan Buper Capai 90 Persen

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – H – 3 Jelang pelaksanaan Perkemahan Besar sempena Hari Pramuka ke 56 pada tanggal 22 September 2017 mendatang, persiapan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Dumai di Bumi Perkemahan Muda Kirana, Jalan Tuanku Tambusai (Perwira,red), Keluran Bagan Besar telah mencapai 90 Persen.
“ Alhamdulillah persiapan di Buper telah mencapai 90 Persen. Artinya, untuk persiapan di Buper sudah tidak ada kendala lagi, penerangan dan kapling kemah sudah kita siapkan, MCK juga sudah. Hanya saja, saat ini kita sedang matangkan persiapan untuk Pembukaannya lagi. Jika, tidak ada kendala Perkemahan Besar ini akan dibuka langsung oleh Walikota Dumai Zul As,” ungkap Kak Alamsyah disela – sela kegiatannya pada Selasa, (19/09/2017).
Lanjut Kak Alamsyah yang sehari – hari bertugas di Pangkalan TNI AL Dumai ini menerangkan, total peserta yang akan mengikuti Perkemahan Besar sempena Hari Pramuka ke 56 tahun 2017 ini sebanyak 915 peserta. Dengan rincian 340 Peserta Siaga berasal dari 24 Gugus Depan (Gudep), Penggalang 332 Peserta berasal dari 24 Gugus Depan dan Penegak 243 Peserta berasal dari 19 Gugus Depan.
“ Data tersebut masih dapat berubah, karena ada beberapa Gudep yang belum konfirmasi terkait jumlah peserta yang akan di utus, karena masing – masing Gudep hanya boleh mengutus satu regu (putra dan putri),” terang Anggota Lanal Dumai ini.
Berikut Persyaratan yang harus diikuti Peserta Perkemahan Besar Hari Pramuka ke 56 :
Untuk Pramuka Siaga, setiap Gugus Depan HANYA dapat mengirim 1 (satu) Barung Siaga Putra dan 1 (satu) Barung Siaga Putri, setiap Barung maksimal berjumlah 10 (sepuluh) orang yang dipimpin oleh Pimpinan Barung. Setiap Barung WAJIB didampingi seorang Pembina Pendamping.
Untuk Pramuka Penggalang, Setiap Gugus Depan HANYA dapat mengirim 1 (satu) Regu Penggalang Putra dan 1 (satu) Regu Penggalang  Putri, setiap Regu berjumlah maksimal 8 (delapan) orang yang dipimpin oleh Pemimpin Regu. Setiap ReguWAJIB didampingi seorang Pembina Pendamping, terpisah Bindam Putra dan Putri. Membawa perlengkapan pribadi, regu dan perkemahan yang praktis kuat dan tahan hujan serta peralatan masak + bahan makanan. Membawa bahan dan peralatan lomba yang ditentukan.Membawa Obat-obatan P3K. Pembina Pendamping makan bersama peserta. Piagam baru diberikan setelah Regu membersihkan tapak perkemahan yang digunakan, dibuktikan dengan tanda tangan Kempa / Kempi pada SIM – C. Bersedia mematuhi ketentuan dan tata tertib yang ditentukan.
Untuk Pramuka Penegak / Pandega, Setiap Gugus Depan HANYA dapat mengirim 1 (satu) Sangga Penegak Putra dan 1 (satu) Sangga Penegak  Putri, setiap Sangga maksimal berjumlah 8 (delapan) orang, dipimpin oleh Pemimpin Sangga / Reka. Setiap Sangga WAJIB didampingi seorang Pembina Pendamping, terpisah Bindam Putra dan Putri. Membawa perlengkapan perkemahan praktis, kuat dan tahan hujan serta peralatan masak + bahan makanan.Membawa obat-obatan P3K. Pembina Pendamping makan bersama dengan peserta. Membawa bahan dan peralatan lomba yang ditentukan. Piagam dan TISKA baru diberikan setelah Sangga membersihkan tapak perkemahan yang digunakan, dibuktikan dengan tanda tangan Kempa / Kempi pada SIM – C. Bersedia mematuhi ketentuan dan tata tertib yang ditentukan.
Terakhir Kak Alamsyah mengimbau, kepada Pramuka Penggalang dan Penegak yang sudah memiliki nomor kapling sangat dianjurkan ke Bumi Perkemahan untuk membenahi kaplingnya jelang Hari H.
“ Selain itu, Pada pembukaan perkemahan nanti kita akan menciptakam sebuah momen membuat konfigurasi huruf / kata seluruh peserta dan akan direkam menggunakan drone. Untuk itu, setiap peserta dianjurkan membawa karton ukuran 40×40 cm yang masing-masing bagian ditempel kertas kilat merah dan putih,” tukasnya.