Gedung Dekranasda Resmi Dibuka

Berita Dumai Berita Umum

Haslinar : Optimalkan Pengembangan Kerajinan Khas Dumai

DUMAI – Dihadiri Ketua Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) Provinsi Riau, Sisilita Arsyadjuliandi, Pemerintah Kota Dumai meresmikan penggunaan gedung Dekranasda Kota Dumai pada Senin (14/8) di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Dumai Kota.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Dumai, Haslinar Zulkifli AS mengatakan, bahwa potensi kerajinan tangan khas daerah bisa dikembangkan. Maka gedung ini tak cuma menjadi sekretariat, tapi menjadi galery pameran kerajinan dengan produk unggulannya. Sehingga diresmikannya gedung ini bisa mengoptimalkan pengembangan kerajinan khas Dumai.

“ Momen ini juga digelar bazar produk unggulan dari tujuh kecamatan yang ada di Dumai. Serta ajang memperkenalkan aneka kuliner khas Dumai, di antaranya Kripik Nenas, Kripik Ubi Cabe, Bolu Kemojo dan Bubur Lambok. Momen ini juga jadi ajang memperkenalkan produk dan kuliner khas Dumai,” papar Haslinar.

Walikota Dumai, Zulkifli AS mengaku Dumai menjadi lokasi transit bagi para pelaku usaha. Sebab Dumai didukung keberadaan Terminal Penumpang Pelabuhan Pelindo Dumai, Terminal Bus AKAP Klakap Tujuh dan Bandara Pinang Kampai.  Sehingga akses para pendatang dari luar Dumai semakin mudah.

Maka Dumai semakin berbenah dalam membangun brand image produk lokal di Dumai. Serta mengemas produk lebih menarik dan bisa dipasarkan secara luas. Apalagi hingga kini masalah pemasaran produk lokal masih menjadi kendala.

Padahal sejumlah produk lokal sudah ada seperti Kripik Nenas dan Kripik Ubi Cabe. Namun masih perlu dibenahi dari segi pengemasan dan bisa dipasarkan lebih luas hingga keluar negeri. Sebab posisi Dumai cukup strategis untuk memasarkan produk lokal Dumai ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan Malaka.

“ Untuk pemasaran ini perlu dukungan dari berbagai pihak. Baik dari Pemerintah Provinsi Riau dan pihak swasta,” harapnya.


 

Share ke Media Sosial ...