Dumai Pertama di Riau Terapkan Layanan PSC 119

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Walikota Dumai Zulkifli As melaunching layanan Integrasi PSC (Publik Safety Canter) 119 kota Dumai ke NCC (National Command Center) Kementrian Kesehatan RI dan sekaligus melaunching Dropbox pendaftaran BPJS kesehatan dikantor Kecamatan.

Acara Launching dipusatkan di jalan Patimura eks Kantor Puskesmas Dumai Kota pada Senin (22/05/2017) yang dihadiri Sekda Dumai Muhammad Nasir, Kadiskes Paisal, Perwakilan Kementrian Kesehatan RI, Kepala BPJS Kesehatan dan undangan lainnya.

Dikesempatan itu, Walikota Dumai H. Zulkifli As mengatakan, ini merupakan program Kementrian dengan pertimbangan meningkatnya kasus kegawatdaruratan sehingga mendorong Kementerian Kesehatan untuk melakukan terobosan baru guna meningkatkan layanan kegawatdaruratan, yaitu melalui layanan 119 yang digunakan diseluruh wilayah Indonesia.

“Alhamdulillah Kota Dumai pertama kali menerapkan sistem ini di Provinsi Riau. Yang mana layanan kegawatdaruratan medis melalui nomor 119 dapat diakses secara luas dan gratis oleh masyarakat melalui telepon seluler maupun rumah,” ujar Zul As.

Lanjut Walikota, Layanan kegawatdaruratan ini merupakan integrasi antara Pemerintah Pusat melalui Pusat Komando Nasional 119 yang berlokasi di Kementerian Kesehatan dengan Pemerintah Daerah melalui Public Safety Center (PSC).

Dimana, sesuai Instruksi Presiden nomor 4 tahun 2013, mengamanahkan setiap kabupaten/kota harus membentuk 1 (satu) PSC yang berfungsi sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan di suatu daerah.

Pelayanan medis yang diberikan oleh PSC 119 antara lain, panduan tindakan awal melalui algoritma gawat darurat, mengirim bantuan petugas dan ambulan, mengirim pasien ke faskes terdekat.

“ Pelayanan 119 ini cepat atau hanya butuh waktu beberapa menit setelah dihubungi dan langsung meluncur ke TKP,” kata Zul As seraya menambahkan, Alhamdulillah dengan Launching ini  kita dapat bantuan mobil ambulan sebanyak 7 unit dari pemerintah pusat.

Dengan bantuan ini tentu saja pelayanan kesehatan akan terus ditingkatkan baik dari segi SDM maupun fasilitas agar masyarakat merasa nyaman.

Disamping adanya PSC 119, masyarakat juga tidak perlu repot mengurus BPJS kesehatan ke kantor BPJS lagi, sebab layanan mendaftar BPJS kesehatan bisa langsung di Kecamatan, karena kita sudah melaunching Dropbox pendaftaran BPJS kesehatan.

“ Tujuan program ini tentu untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dan mudah-mudahan saja setiap pelayanan akan dibenahi untuk memberi layanan terbaik kemasyarakat,” tukasnya.


 

Share ke Media Sosial ...