DISHUB DUMAI SEGERA JALANKAN PERDA PARKIR

Berita Dumai Berita Umum Bidang DALOPS Bidang Perhubungan Darat

DISHUB DUMAI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai terus melakukan berbagai upaya menjalankan/menerapkan Peraturan Walikota Dumai Nomor 11 tahun 2017 tentang petunjuk pelaksanaan peraturan Daerah Kota Dumai nomor 5 tahun 2014 tentang retribusi parkir ditepi jalan umum.

Kepala Bidang Lalulintas Anton Budi Dharma, ST, MT saat dikonfirmasi mengatakan “bahwa pihak Dishub tengah mempersiapkan segala sesuatunya yang menyangkut retribusi parkir yang akan segera di jalankan oleh dishub Kota Dumai, semua aturan sudah kita siapkan, namun tentunya agar tidak salah langkah kami terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait,”tuturnya.

“Terkait dengan Perwako tentang status beberapa jalan seperti Jalan Sudirman, Sultan Syarif Kasim, Sukajadi, Hasanuddin yang memang sudah berubah menjadi ke jalan kota, namun untuk melakukan pemungutan retrebusi parkir di jalan tersebut, perlu perwako mengenai status jalan itu,”terangnya.

Selain itu dikatakannya, mengenai pihak yang akan menjadi pengelola parkir,  bahwa pihak Dishub tetap melibatkan rekanan, untuk  mengantisipasi terjadinya bentrok atau keributan di lapangan. Tentunya kami pasti akan menseleksi dengan ketat. Begitu pula dengan para juru parkir yang akan kita seleksi dengan ketat,” jelasnya.

Pihak pengelola parkir harus memiliki badan hukum, saat ini pihaknya belum menentukan siapa saja yang menjadi Pengelola parkir. “Telah ada pengajuan dari 40 pihak dari pengelola yang mengajukan kepada kami, namun belum ditetapkan, banyak ajuan mereka mengelola perjalan, padahal kita sudah menetapkan zona parkir dalam setiap ruas jalan,”tuturnya.

“Allhamdullilah dan sekaligus Menghimbau kepada masyarakat Kota Dumai kedepannya nanti, apabila kontrak kerjasama parkir ditepi jalan umum sudah disepakati sesuai dengan potensi parkir yg telah dihitung oleh Tim Teknis Dishub Dumai karcis yang akan dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan dan dilengkapi dengan porporasi dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Dumai mengenai keabsahan tiket / karcis parkir, dengan ketentuan kendaraan Roda Dua Rp. 1.000,- kendaraan Roda Empat Rp. 2.000,-  dan “GRATIS” apabila karcis tidak diberikan (tidak ada karcis)”.

Diharapkan kepada masyarakat untuk dapat berpatisipasi menggunakan karcis parkir ditepi jalan umum baik kendaraan Roda Dua maupun Roda Empat apabila kendaraan ada parkir ditepi jalan di Kota Dumai sebagai bukti penggunaan jasa parkir. (Contoh spanduk dan sosialisasi parkir ditepi jalan umum yang nanti akan kita pasang di jalan protokol kota dumai), sekarang sedang tahap proses melengkapi administrasi pengelola parkir menuju tahap pembuatan kontrak kerjasama parkir dengan Dishub Dumai.

Diinformasikan juga bersifat penting, bagi semua pihak yang akan menjadi pengelola parkir (pihak ketiga) untuk membuat kontrak kerjasama parkir. Mohon segera untuk dilengkapi, demi tertibnya administrasi. (Tr)