Dishub Dumai Gelar Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Terpadu

Berita Dumai Berita Umum Bidang DALOPS Bidang Perhubungan Darat Nasional

DUMAI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai melalui Bidang Pengembangan dan Keselamatan (Penkes) menggelar Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Terpadu di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Dumai, Jum’at (20/9/2019).

Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Dumai, H. Marjohan tersebut menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidang Keselamatan Berlalu Lintas, diantaranya Nasti dari Kanit Dikyasa Saltantas Polres Dumai, Immanuel Kepala Cabang Jasa Raharja Kota Dumai dan Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Dumai, Firman.

Hadir mengikuti sosialisasi Kabid Penkes Dishub Dumai, Okto Permadi, Kasi Keselamatan Dishub Dumai, Suriyanto, Kepala SMKN 2 Dumai, Juzmilita, Ketua Komite SMKN 2 Dumai, Zulfan, Humas SMKN 2 Dumai, Dewi dan puluhan Siswa/Siswi SMKN 2 Dumai.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dishub Dumai, H. Marjohan mengatakan tujuan dilaksanakannya sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Terpadu ini ialah untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas sejak dini.

“Sebaiknya berawal dari rumah. Orang tua juga harus pro aktif untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya tertib dan disiplin dalam berlalu lintas. Contoh kecilnya, jangan biarkan anak kita membawa sepeda motor jika tidak menggunakan helm atau tidak ada kaca spionnya,” tegas Marjohan.

Dengan adanya sosialisai ini, Marjohan berharap peserta didik yang sudah mendapatkan pengetahuan tentang Keselamatan Beralu Lintas dapat meneruskan kepada teman – teman yang lainnya agar mereka (peserta didik,red) dapat membudayakan disiplin dan tertib dalam berlalu lintas.

Panitia Pelaksana, Okto Permadi menambahkan maksud dilaksanakannya sosialisasi ini ialah untuk memberikan pemahaman dan ilmu pengetahuan tentang Keselamatan Berlalu Lintas kepada siswa/siswi di SMKN 2 Dumai.

“Semoga wawasan yang kita berikan ini bisa menciptakan kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan bagi masyarakat pengguna jalan sehingga selamat dalam berlalu lintas di jalan raya guna mewujudkan tertib berlalu lintas di Kota Dumai,” harapnya.

Sementara Kanit Dikyasa Satlantas Polres Dumai pada yang sama mengimbau kepada para siswa agar selalu mematuhi etika berlalu lintas yang baik guna keselamatan dan mengurangi resiko kecelakaan.

“Marilah kita jalankan peran kita dalam pendidikan berlalu lintas yang dimulai dari diri kita sendiri dengan mematuhi etika berlalu lintas, sehingga kita dapat menjadi contoh yang baik bagi orang lain dan bisa menekan jumlah kecelakaan berlalu lintas,” imbaunya.

Kepala Sekolah SMKN 2 Dumai, Juzmilita sangat menyambut baik acara sosialisasi ini. Menurutnya, pendidikan berlalu lintas ini di prioritaskan pada pemahaman dan pengetahuan yaitu memberikan pembelajaran tentang bagaimana berlalu lintas yang baik dan benar serta teratur, menanamkan kedisiplinan bagi siswa yang bukan hanya mengerti atau paham peraturannya saja tetapi juga bersedia untuk mentaatinya.

“Kita juga berharap sosialisasi Keselamatan Berlalu lintas ini tidak hanya sekedar kegiatan seremonial. Tapi, peranan pihak berwenang untuk terus memberikan pengetahuan / bimbingan secara terus menerus sangat kita harapkan. Dan kita sangat terbuka terhadap kegiatan – kegiatan positif,” tukasnya.

Sosialisasi yang diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan siswa-siswi dari SMKN 2 Kota Dumai, yang terdiri dari Paskas, Pramuka, PMR dan lainnya diakhiri dengan sesi tanya jawab. (DIKA)

Share ke Media Sosial ...