DISHUB DUMAI GELAR RAKOR MATURITAS PENINGKATAN SPIP

Berita Dumai Berita Umum Bidang DALOPS Bidang Perhubungan Darat Bidang Perhubungan Laut Bidang Perhubungan Udara

DISHUB DUMAI  – Kadishub Dumai (Kepala Dinas Perhubungan) Asnar, Ap. Ms.I menggelar Rakor (Rapat Kordinasi) Peningkatan Maturitas SPIP dengan pihak dari Inspektorat kota Dumai di ruang rapat Dishub Dumai, pada Selasa 24 Juli 2018.

Turut hadir pejabat Eselon dari Inspektorat, M. Eduar beserta rombongan staff yang hadir dalam rapat kordinasi ini, rapat kordinasi ini tidak hanya dikuti oleh Kadishub Dumai namun juga dikuti oleh seluruh jajaran pejabat eselon III dan Eselon IV mulai dari kepala Bidang dan kepala seksi di lingkungan Dishub Dumai.

Pemerintah kota Dumai sudah melakukan berbagai langkah dan strategi untuk mendorong pencegahan korupsi, sebagai bentuk upaya dalam menerapkan SPIP salah satunya upaya dari pencegahan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara sistematis pada Pemerintah Daerah melalui Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Dalam rapat kordinasi yang dilaksanakan di Dishub Dumai, Edwar memaparkan tentang seputar SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) dan tata cara penggunaannya mulai dari cara Login, tata cara pengisian dan cara penggunaannya.

SPIP merupakan sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah, sehingga PP 60 Tahun 2008 tersebut mewajibkan menteri/pimpinan lembaga, gubernur dan bupati/ walikota untuk melakukan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahannya.

Penyelenggaraan SPIP yang efektif dapat memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Presiden RI memberikan perhatian yang besar terhadap penyelenggaran SPIP ini sehingga menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014 tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat.

Untuk mengukur tingkat keberhasilan penyelenggaraan SPIP, dilakukan penilaian maturitas (kematangan) implementasi SPIP. Pengukuran tingkat maturitas SPIP menunjukkan kemampuan penyelenggaraan SPIP dalam peningkatan kinerja, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara/daerah.

Penerapan SPIP dan kapabilitas APIP menjadi indikator kinerja yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019. Target tingkat maturitas SPIP dan kapabilitas APIP pada tahun 2019 berada pada level 3 atau terdefinisi. Oleh karena itu, hal ini menjadi komitmen kita bersama dalam rangka peningkatan level maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP pada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.

Apabila terdapat permasalahan, Inspektorat Daerah dapat bersama dengan BPKP mengklarifikasi terlebih dahulu melalui audit, reviu maupun evaluasi. Sehingga dapat diketahui apakah permasalahan tersebut dalam ranah administrasi ataupun pidana.

Share ke Media Sosial ...