Dishub Dumai Dirikan Lima Posko Angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017

Berita Dumai Berita Umum Bidang DALOPS Bidang Perhubungan Darat Bidang Perhubungan Laut Bidang Perhubungan Udara

DUMAI – Dalam rangka membantu dan melayani masyarakat yang sedang merayakan Natal Tahun 2016 dan Tahun Baru 2017, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai telah mendirikan lima posko penyelenggaraan dan pengendalian perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pendirian Posko Angkutan Natal Tahun 2016 dan Tahun Baru 2017 itu tersebar di beberapa titik, diantaranya, untuk Bidang Darat, Posko berada di Terminal AKAP Jalan Kelakap Tujuh dan Terminal Penyebrangan Ro-Ro, Kecamatan Dumai Barat.

Sedangkan, untuk Bidang Laut, Dishub juga mendirikan Posko di Terminal Penumpang Pelabuhan Pelindo I Cabang, jalan Datuk Laksamana Dumai serta Bidang Udara, Posko berada di Bandara Pinang Kampai Jalan Soekarno – Hatta.

“ Selain empat Posko utama itu, kita juga memiliki satu posko pemantau / posko secretariat yang berada di Kantor Dinas Perhubungan, jalan HR Soebrantas, Dumai,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai H. Bambang Sumantri melalui Kabid Dal Ops H. Marjohan, Rabu (28/12) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Marjohan, Maksud Penyelenggaraan dan Pengendalian Angkutan Natal Tahun 2016 dan Tahun Baru 2017 adalah untuk mengwujudkan pengendalian, pengawasan, dan penertiban secara terpadu di Kota Dumai guna melayani masyarakat yang mau mudik maupun balik mudik Natal Tahun 2016 selama periode Natal Tahun 2016 terhadap setiap sektor Perhubungan (Darat, Laut dan Udara) dalam rangka meningkatkan keselamatan, ketertiban, kenyamanan serta kelancaran arus lalu lintas pada masa Angkutan Natal Tahun 2016 dan Tahun Baru 2017.

“ Tujuan kita yakni untuk menciptakan kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan bagi masyarakat yang mudik maupun balik mudik Natal Tahun 2016 di jalan sehingga sampai ke tujuan (kampung halaman dan balik ke Kota Dumai),” tuturnya.

Masa pelaksanaan posko angkutan Natal tahun 2016 dan Tahun Baru 2017 yakni terhitung mulai tanggal 23 desember 2016 s/d tanggal 3 januari 2017 dengan durasi waktu masa angkutan Natal tahun 2016 dan Tahun Baru 2017 selama 12 hari.

“ Untuk jumlah personil yang kita terjunkan selama pelaksanaan posko angkutan Natal tahun 2016 dan Tahun Baru 2017 yakni sekitar 110 personil,” katanya.

Sebelum mendirikan posko angkutan Natal tahun 2016 dan Tahun Baru 2017, pihak Dinas Perhubungan Kota Dumai juga telah membuat surat edaran sudah membuat surat edaran kepada PO untuk menyiapkan segala sesuatu terhadap kendaraannya baik itu laik jalan, jumlah kendaraan dan lainnya.

“ Kita juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin bepergian dalam rangka Natal dan Tahun Baru untuk selalu waspada dalam rangka menggunakan angkutan, menghindari calo-calo yang tidak kita inginkan, memilih moda transportasi yang tepat dan baik,” pesannya.