Dibuka Pj. Sekda Kota Dumai 75 Pengurus Masjid se Kota Dumai Ikuti Pelatihan Manajemen Masjid

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – 75 Pengurus Masjid dari 7 Kecamatan se – Kota Dumai mengikuti Pelatihan Manajemen Masjid yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Bagian Adm. Kesra Setdako, Selasa (2/4/2019) bertempat di Masjid Habiburrahman, Jalan HR. Soebrantas.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung dua hari tersebut secara resmi dibuka Pj. Sekda Kota Dumai, Drs. H. Hamdan Kamal. “Atas nama Pemko Dumai, menyambut baik kegiatan ini, karena dapat meningkatkan kemakmuran masjid-masjid yang ada,” ujar Hamdan membacakan sambutan Walikota Dumai.

Menurutnya, fungsi utama Masjid sebagai tempat Ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. Shalat, Dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, adalah bagian dari upaya memakmurkan masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT.

Namun demikian, masjid sebagai pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemaslahatan umat dan memancarkan islam sebagai rahmat bagi semeseta alam.

“Bangunan masjid setiap tahunnya terus bertambah. Namun, sangat disayangkan jika pembangunan itu tidak dilandasi dengan komitmen masyarakat disekitarnya untuk memakmurkan masjid. Ini tentunya menjadi perhatian kita bersama,” kata Pj. Sekda.

Melalui pelatihan Manajemen Masjid ini, Hamdan berharap, peserta dapat meningkatkan kemampuan, wawasan dan ketrampilan dalam melaksanakan fungsi manajemen masjid secara efektif.

“ Selain itu juga pembinaan, pengelolaan dan aktifitas remaja masjid harus terus ditingkatkan secara terus menerus dan jangan sampai kita bosan dalam mengurus rumah Allah ini,” pesannya.

Sementara, Kabag Kesra Setdako Dumai, Sawir Kasim menambahkan pelatihan manajemen masjid ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme pengurus masjid dalam mengelola dan meningkatkan kualitas umat serta membangun generasi qur’ani yang berkarakter dalam mempersiapkan pemimpin masa depan dan membangun ekonomi umat berbasis masjid.

“Peserta terdiri dari pengurus masjid yang tersebar di tujuh kecamatan se Kota Dumai dengan jumlah peserta sebanyak 75 orang,” sebutnya.

Ia berharap seluruh peserta dapat benar – benar mengikuti pelatihan ini, agar apa yang disampaikan oleh narasumber nantinya dapat di aplikasi di masjidnya masing – masing.

Ada tiga narasumber yang memberikan materi pelatihan, diantaranya, H. Sudarmanto dari Kemenag Kota Dumai, H. Ahmad Rozai Akbar dari Rektor Institut Agama Islam Tafaquh Fiddin Dumai dan H. Afrialsah Lubis dari Kanwil Kemenag Provinsi Riau.