Berlari Sambil Berdonasi, Pertamina Dumai Gelar Dumai 10 K Energy Run 2019

Berita Dumai Berita Umum Nasional

Dumai, 14 Desember 2019 – Pemandangan berbeda nampak terlihat di kawasan danau Telaga Tirta Komplek Pertamina Bukit Datuk Kota Dumai pada Sabtu (14/12/2019). Lokasi yang biasa menjadi spot olahraga pagi bagi warga Dumai ini terlihat lebih ramai dengan ratusan pelari yang antusias mengikuti Dumai 10 K Energy Run 2019 yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai.
Ajang tahunan ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan peringati HUT Pertamina ke-62 yang jatuh pada tanggal 10 Desember lalu. 
General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza menyatakan Dumai 10 K Energy Run merupakan event lari yang tidak hanya diikuti oleh keluarga besar Pertamina namun juga terbuka bagi masyarakat umum. Tahun 2019 ini menjadi kali kedua penyelenggaraan yang dibuka untuk umum setelah sebelumnya Pertamina RU II selenggarakan Dumai Eco Run pada tahun 2018. 
Walaupun berganti nama, konsep utama kegiatan tidak mengalami perubahan. Seluruh uang hasil pendaftaran akan disumbangkan kepada kegiatan konservasi lingkungan di Kota Dumai. 
“Dumai Energy Run merupakan event yang menggabungkan konsep lari dengan aktivitas sosial. Tidak hanya mendapatkan running experience sekelas event lari nasional, para runners juga bisa ikut berkontribusi bagi keberlangsungan lingkungan khususnya di Kota Dumai”, ungkap Dharmariza. 
Lebih lanjut mengenai aktivitas sosial pada Dumai 10 K Energy Run Dharmariza menjelaskan dari total 700 peserta baik yang mendaftarkan diri maupun undangan panitia berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 60.600.000. Angka ini meningkat dari jumlah bantuan tahun sebelumnya sejumlah Rp 20 Juta. 
“Pada kesempatan tahun ini bantuan kami sampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai melalui pelaksanaan program penghijauan di beberapa titik di Kota Dumai. Bantuan nantinya akan diserahkan langsung dalam bentuk bibit pohon”, imbuh Dharmariza. 
Ditemui pada kesempatan yang sama Ketua Pelaksana Dumai 10 K Energy Run 2019 Krishna Bayu menyatakan terdapat beberapa kategori yang dilombakan di antaranya lari jarak 10 KM untuk master, 10 KM untuk umum dan 10 KM untuk internal Pertamina. 
Bayu menambahkan sejak pendaftaran dibuka pada 11 November lalu, sebanyak 700 slot peserta telah terpenuhi. Tidak hanya berasal dari kota Dumai, peserta juga berasal dari kota lain seperti Pekanbaru dan Duri. Selain provinsi Riau, peserta juga berasal dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur hingga Sulawesi Utara. 
Dalam pelaksanannya, guna memberikan running experience berkelas event lari nasional, panitia pun melibatkan mitra penyelenggara yang telah berpengalaman menggelar event lari besar salah satunya Pertamina Eco Run yang menjadi salah satu inspirasi diselenggarakannya Dumai 10 K Energy Run ini. 
“Alhamdulillah antusiasme runners dari provinsi Riau dan lainnya sangat baik menyambut Dumai 10 K Energy Run 2019 ini. Kami berharap, ke depannya event ini akan menjadi calendar event yang dinanti oleh para runners khususnya yang berdomisili di Kota Dumai dan sekiarnya dan bisa menjadi kebanggaan juga bagi warga Kota Dumai sebagai tuan rumah”, ungkap Bayu. 
Bayu juga menjelaskan, dengan mengusung jargon Energy for Better Life atau energi untuk hidup yang lebih baik, melalui Dumai 10 K Energy Run penyelenggara hendak menunjukkan bahwa Pertamina sebagai penggerak ekonomi bangsa melalui bisnis di bidang energi juga tetap berupaya maksimal menciptakan kesinambungan hidup yang lebih baik khususnya dengan lingkungan sekitar. 
Hal ini ditunjukkan melalui pemilihan Komplek Bukit Datuk sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan yang memungkinkan para peserta untuk mengenal lebih dekat hutan kota Patra Seroja Eco Park yang memiliki luas 87 Ha yang telah dikelola Pertamina RU II selama bertahun-tahun dan menjadi salah satu penopang udara baik bagi Kota Dumai. 
Selain itu, pada kegiatan ini diundang mitra binaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina RU II yang hadir dengan produk unggulan sebagai hasil dari program pemberdayaan masyarakat yang selama ini dijalankan oleh Pertamina RU II. 
“Tidak hanya mengenai berlari, Dumai 10 K Energy Run adalah upaya kami untuk terus menyebarkan energi baik kepada runners yang ikut serta. Terima kasih karena telah bersedia mendaftar pada kegiatan ini. InsyaAllah dana yang bersama-sama disumbangkan akan bermanfaat bagi lingkungan Kota Dumai”, pungkas Bayu.