Berbagai Perlombaan Semarakkan Perkemahan Besar Hari Pramuka Ke 56

Berita Dumai Berita Umum

DUMAI – Perkemahan Besar sempena Hari Pramuka ke 56 Tahun 2017 yang digelar oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Dumai pada 22 – 24 September 2017 di Bumi Perkemahan Muda Kirana, Jalan Tuanku Tambusai (Perwira,red), Kelurahan Bagan Besar akan dimeriahkan dengan berbagai lomba khas Pramuka.

“ Tidak hanya perkemahan saja yang kita laksanakan, melainkan juga kita isi dengan berbagai perlombaan khas Pramuka yang bertujuan untuk mengasah skil, kemampuan, ketrampilan, kekompakan dan kreativitas adik – adik pramuka yang mengikuti Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu) ini. Perlombaan yang kita laksanakan mulai tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak / Pandega,” ungkap Ketua Pelaksana Perkemahan Besar Hari Pramuka ke 56 Kak Alamsyah, Jum’at (22/09/2017).

Selain perlombaan untuk adik – adik Pramuka, kata Kak Alamsyah yang sehari – hari bertugas di Pangkalan TNI AL Dumai ini, pihaknya juga melaksanakan kegiatan Sosialisasi yakni Syarat dan Pencapaian Pramuka Garuda, Satuan Karya Pramuka (Saka) serta Penertiban Administrasi Gugusdepan dan Kwartir yang diperuntukkan bagi Pembina Pendamping (S/G/T).

Berikut kegiatan Perkemahan Besar yang akan dilaksanakan sempena Hari Pramuka ke 56 :

Kegiatan Pramuka Siaga yang di ikuti 340 Peserta dari 24 Gugus Depan (Gudep), diantaranya, Lomba Mewarnai, Lomba Estafet Karet Sedotan, Lomba Estafet Bola Pingpong dan Lomba Menyusun Baut.

Kegiatan Pramuka Penggalang yang diikuti 332 Peserta dari 24 Gugus Depan, diantaranya, Lomba Masakan Darurat, Lomba Paduan Suara, Lomba Hiking, Lomba Pesan Berantai, Lomba Pacu Karung Estafet, Lomba Pionering Stok dan Lomba Membuat Poster.

Kegiatan Pramuka Penegak / Pandega yang diikuti 243 Peserta dari 19 Gugus Depan, diantaranya, Lomba Pentas Seni, Lomba Pionering, Lomba Memanah, Lomba Bivak Alam, Lomba P3K dan Lomba Variasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

“ Tidak hanya perlombaan, di Bumi Perkemahan kita juga akan melaksanakan Yasinan, Olahraga dan Api Unggun. Selian itu, kita juga melaksanakan pasar dan bazaar. Untuk itu, kita berharap perkemahan besar tahun ini berlangsung dengan lancar dan meriah,” harapnya.

Terkait upacara pembukaan yang akan dilangsungkan Jumat sore ini, kata Kak Alamsyah, Insya Allah akan dipimpin langsung oleh Walikota Dumai H. Zulkifli As dan dihadiri Ketua Kwarcab Dumai Drs Amiruddin, Unsur Forkompimda dan undangan lainnya.

“ Insya Allah akan dibuka pak Wali,” tukasnya seraya menambahkan, sejauh ini pihaknya terus mematangkan persiapan di Bumi Perkemahan Muda Kirana jelang pembukaan sore ini (Jum’at,red).