Akhirnya, Tahun ini Dumai Raih Predikat WTP dari BPK RI 12 Tahun Berprediket WDP

Berita Dumai Berita Umum
PEKANBARU – Pemerintah Kota Dumai tahun ini berhasil meraih penilaian predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) RI Perwakilan Riau.
Predikat opini WTP pertama sejak Kota Dumai berdiri itu, berasal  dari penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota  Dumai tahun 2016 dan LKPD tahun 2017.
Sebelumnya, selama 12 tahun Kota Damai menyandang prediket Wajar Dengan Pengecualian (WDP).
Penilaian LHP atas LKPD Kota Dumai tahun 2017 itu, diserahkan
secara langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Harry
Purwaka, kepada Walikota Dumai H Zulkifli As, di kantor BPK RI
Perwakilan Riau di Pekanbaru.
Turut menyaksikan Wakil Walikota Eko Suharjo, Ketua DPRD Gusri
Effendi, Wakil Ketua DPRD Zainal Abidin, Sekretaris Daerah HM
Nasir dan hampir seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepala bagian.
Kepala BPK RI Perwakilan Riau Harry Purwaka menyampaikan penilaian WTP yang diberikan kepada Pemko Dumai itu berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan atas LKPD tahun 2017 dengan memberikan opini WTP.
Dia menyampaikan ucapan selamat kepada Pemko Dumai, dalam hal ini Walikota Dumai dan Wakil Walikota Dumai beserta DPRD dan seluruh OPD atas keberhasilannya dalam meraih penilaian WTP,  dan berharap
prestasi ini terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan dimasa
mendatang.
“Predikat wajar Tanpa Pengecualian ini diberikan merupakan wujud profesional pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan. Pemerintah Kota Dumai dalam Tahun 2017 megalami peningkatan dari WDP atau wajar dengan Pengecualian selama 12 tahun menjadi WTP atau wajar Tanpa Pengecualian. Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Harry.
Walikota Dumai H Zulkifli As dalam sambutannya, saat acara pen
yerahan hasil penilaian WTP tersebut, mengatakan, atas nama Pemko Dumai menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa banggsanya dapat meraih penilaian predikat opini WTP terhadap penilaian LHP atas
LKPD Kota Dumai tahun 2017 yang telah diberikan BPK RI Perwakilan
Riau.
Diakuinya, penilaian BPK ini, sebelumnya telah melakukan audit keuangan di Kota Dumai. Dan dari penilaian itu, Pemko Dumai mendapatkan Opini WTP.
“Dari opini yang diberikan BPK, menunjukkan bahwa kami terus
berusaha untuk taat kepada aturan dan azas hukum, sehingga opini
ini didapatkan. Tentu kami yakin BPK bekerja profesional dalam
mengaudit,” ungkap H Zulkifli As.
Penilaian opini WTP pertama yang diraih Pemko Dumai ini, lanjut
Zul As, merupakan buah kerja keras OPD dan kerjasama yang baik dengan tim, dan merupakan kebanggaan, dan sekaligus menjadi tantangan kedepan.
“Terimakasih atas kerja keras teman-teman. Siang malam bekerja dan tentunya kini yang berat itu terasa ringan. Kedepan tentunya tugas itu semakin berat karena harus dapat mempertahankan dan
Jika bisa ditingkatkan untuk mendapatkan WTP tanpa ada catatan-catatan yang diberikan BPK RI,” pungkasnya.
Ketua DPRD kota Dumai Gusri Efendi dalam sambutannya meyampaikan, predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian  ini merupakan wujud cita cita bersama yang selama ini belum terwujud.
“Semoga dengan kerjasama yang baik, sinergitas seluruh OPD, kesepian minimal predikat ini bisa dipertahankan,” ujarnya.
Sekretaris Daerah Kota Dumai HM Nasir usai penyerahan opini WTP tersebut menyambut gembira atas doa dan harapan pemerintah dan masyarakat atas prestasi ini.
“Ini semua berkat kerjakeras kita. Dan tentunya prestasi ini harus kita pertahankan bahkan kita tingkatkan,” imbuh Sekda.