A2K3 Komisariat Dumai Selenggarakan Pembinaan dan Sertifikasi Operator Forklift Kemnaker RI di STT Dumai

Berita Dumai Berita Umum Nasional

DUMAI – Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Komisariat Dumai telah sukses menyelenggarakan Pembinaan dan Sertifikasi Operator Forklift Kelas II Kemnaker di Kampus STT Dumai selama 3 hari terhitung tanggal 21 – 23 Februari 2020.

Kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh A2K3 Komisariat Dumai bekerjasama dengan PJK3 PT. Kiat Global Batam Sukses yang sering dikenal dengan nama Offshore Tecnology Institute (OTI).

Pelatihan dibuka langsung oleh Ketua Panitia, Joel Hendri sekaligus Sekretaris A2K3 Komisariat Dumai yang dihadiri oleh Hamdan selaku Ketua A2K3 Komisariat Dumai, Deddy Lesmana, SE selaku Pengawas Ketenagakerjaan Disnaker Provinsi Riau, Annofrianto selaku Koordinator PT. Kiat Global Batam Sukses Cabang Duri, Yusrizal, ST., MT selaku Puket II STT Dumai, panitia pelaksana dan peserta pelatihan sebanyak 9 orang dengan rincian 8 orang dari Dumai dan 1 orang dari Duri.

Sebelum pemberian materi dimulai, Ketua Panitia Pelaksana Joel Hendri mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak Kampus STT Dumai yang telah memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan dan juga ucapan terima kasih kepada Pihak Manajemen PT. Energi Sejahtera Mas (Sinarmas Group Dumai) yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dan mengirimkan peserta untuk mengikuti Pelatihan Forklift.

Ketua A2K3 Komisariat Dumai Hamdan mengatakan bahwasanya A2K3 Komisariat Dumai hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Kota Dumai untuk memperoleh Sertifikasi dan Kompetensi.

“Masyarakat Dumai bisa mengikuti pelatihan di Kota Dumai tanpa harus jauh-jauh lagi keluar Kota. Semoga semua peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan maksimal,” ujarnya.

Puket II STT Dumai, Yusrizal, ST, MT dalam sambutannya menyatakan untuk bersaing di dunia kerja khususnya di Kota Dumai yang merupakan Kota Industri, tentunya diperlukan sebuah Skill dan Kompetensi yang dibuktikan dari Sertifikat Kompetensi yang dimiliki.

“Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkannya dari sekarang agar tidak menjadi penonton di tempat sendiri,” sebutnya.

Hari pertama pemaparan materi mengenai Undang-undang K3 dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan tentang Pesawat Angkat dan Angkut yang disampaikan oleh Deddy Lesmana, SE.

Hari kedua dilanjutkan pemaparan materi inti tentang Forklift yang disampaikan oleh Julnaidi, ST., MT selaku Pengawas Spesialis K3 Mekanik dan PAA Disnaker Provinsi Riau.

Hari ketiga dilaksanakan Ujian Praktek penggunaan Forklift masing-masing peserta mulai dari Inspeksi Forklift selanjutnya mengoperasikan Forklift dengan praktek membawa beban yakni Pallet maju dan mundur secara Zig Zag melewati safety Cone yang telah disusun Panitia dan juga dilaksanakan Ujian Tertulis yang langsung diawasi oleh Pihak PJK3 PT. Kiat Global Batam Sukses, Julnaidi, ST., MT dan Panitia Pelaksana.

Setelah dilakukan penilaian mulai dari Ujian Praktek dan Ujian Tertulis oleh Pengawas Spesialis K3 Mekanik dan PAA Disnaker Provinsi Riau, semua peserta dinyatakan LULUS dan berhak mendapatkan SIO Operator Forklift Kelas II Kemnaker RI.

“Semoga semua peserta dapat melaksanakan pekerjaan sesuai kompetensi yang dimiliki dan bagi peserta yang belum bekerja segera mendapatkan pekerjaan,” imbuh Joel.