5 Tahun Menumpang Sekolah, Kini Anak-Anak SD Cemerlang Dumai Belajar di Ruang Kelas Sendiri Bantuan Pertamina

Berita Dumai Berita Umum Nasional

DUMAI – Salah satu sekolah dasar di Kota Dumai yang terletak di Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur harus bertahan menyelenggarakan pendidikan dan pebelajaran selama 5 tahun tanpa 1 bangunan pun untuk kelas belajar maupun ruang guru. Adalah SD Cemerlang di bawah naungan Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP PGRI) Dumai yang selama ini menumpang belajar di SMP Cemerlang.

Perjuangan 5 tahun tersebut pun akhirnya berbuah manis ketika bantuan ruang kelas baru dari PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II Dumai datang dan diresmikan pada Selasa pagi (18/2). Hal itu yang diutarakan oleh Kepala Sekolah SD Cemerlang, Nureha pada sambutannya.

“Kami memulai sekolah ini di tahun 2015 dengan jumlah murid sebanyak 12 orang dan terus bertambah jumlahnya hingga saat ini meskipun dengan keterbatasan yang ada,” kata Nureha.

Tahun demi tahun Ia lalui hingga memasuki tahun keenam dan jumlah siswanya menjadi 70 orang dari kelas 1 hingga kelas 5.

“Semula anak-anak kami harus bergantian masuk kelas pada jam-jam tertentu. Sementara guru-gurunya karena tidak memiliki ruang khusus harus menunggu jadwal mengajar di luar,” tambahnya.

Dirinya meyakini perjuangan yang Ia lakukan akan mendatangkan uluran bantuan dari berbagai pihak agar anak-anak didikannya bisa merasakan belajar di kelas sendiri.

“Alhamdulillah terima kasih dan syukur yang tak terhingga akhirnya kami diberikan kepercayaan oleh Pertamina untuk menerima bantuan CSR untuk pembangunan ruang kelas baru yang selama ini kami idam-idamkan,” ungkap Nureha.

Nureha menerangkan bantuan yang diberikan oleh Pertamina dimanfaatkan untuk pembangunan dua kelas untuk belajar seluas masing-masing 90 meter persegi.

“Selain itu kami juga menambah pembangunan satu ruang guru lengkap dengan kamar mandi seluas 60 meter persegi,” imbuh Kepala Sekolah Nureha.

Hadir di acara peresmian, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dumai, Sya’ari mengapresiasi perjuangan SD Cemerlang yang sejak awal telah berani dan gigih demi menyediakan pendidikan dan pengajaran unutk masyarakat kota Dumai, khusunya di sekitar wilayah Kecamatan Dumai Timur.

“Saya rasa kita semua perlu memberikan applaus kepada guru-guru di SD Cemerlang atas kegigihan dan kesabarannya yang terus menjalankan fungsi pendidik dengan segala keterbatasan,” kata Sya’ari.

Pada kesempatan itu Sya’ari juga mengapresiasi pihak Pertamina yang telah merealisasikan program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan, khususnya kepada SD Cemerlang.

“Berkat adanya kelas baru dari Pertamina, kami percaya kegiatan belajar mengajar di SD Cemerlang bisa semakin baik lagi sehingga bisa mencetak generasi berikut yang cerdas,” pungkasnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Brasto Galih Nugroho yang berharap bantuan yang diberikan pihaknya bisa dimanfaatkan sebesar oleh masyarakat yang berada di sekitar Pertamina.

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kami ingin kehadiran kami turut dirasakan oleh masyarakat sekitar, salah satunya melalui program-program bantuan seperti ini,” imbuh Brasto.

Ia menambahkan pihaknya telah menjalankan sejumlah program CSR khususnya di bidang Pendidikan di untuk beberapa sekolah di Kota Dumai.

“Di antaranya bantuan renovasi sekolah, bantuan perpustakaan, bantuan sarana prasarana, hingga pengembangan Sekolah Adiwiyata dan yang terbaru adalah Pertamina Energi Negeri (Mengajar) serta Pertamina Goes to School,” tutup Brasto.