Pekerja Wajib Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan

ByBERITA DISHUB

Pekerja Wajib Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan


DUMAI – Pekerja merupakan aset perusahaan yang wajib dilindungi dan harus dijaga. Oleh karena itu, seluruh Pemberi Kerja dan Pekerja Wajib dilindungi dalam Program BPJS, apakah itu BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan.

Untuk menyamakan persepsi tersebut, Pemerintah pun menggelar Sosialisasi Peraturan Walikota Dumai No 27 tahun  2017 tentang perlindungan tenaga kerja terhadap jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan yang menggandeng BPJS Tenaga Kerjaan dan BPJS Kesehatan Kota Dumai, bertempat di Hotel Grand Zuri, Jalan Sudirman pada Jum’at (08/09/2017).

Kegiatan dihadiri langsung Walikota Dumai Drs Zulkifli As, Kepala BPJS Kesehatan Adi Siswandi, Plt Dinas Tenaga Kerja, BPJS Ketenagakerjaan, Kepala OPD, Perusahaan, Anggota Forkompimda dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Walikota Dumai Zulkifli as mengatakan sesuai peraturan Presiden No 09/2013 tentang tahapan kepesertaan jaminan sosial dan UU no 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ).

“ Yang mana seluruh pekerja diwajibkan terdaftar dalam BPJS oleh perusahaan. Tidak hanya itu,  pekerja harian lepas atau kontrak seperti yang ada di masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diwajibkan terdaftar sebagai peserta BPJS, apakah itu BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan,” terangnya.

Dengan adanya sosialiasi Perwako No 27 tahun 2017 ini diharapkan perusahaan dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah, sebab bagaimanapun kita tidak ingin ada pekerja yang bekerja namun tidak dilindungi oleh perusahaan.

“ Contohnya saat terjadi kecelakaan kerja ternyata perusahaan tidak mendaftarkan pekerja kedalam BPJS. Hal ini tentu sudah mengangkangi peraturan yang ditetapkan pemerintah dan  perusahaan tersebut bisa dijatuhkan sangsi tegas,” tegasnya.

Terakhir dikatakannya, semoga saja seluruh perusahaan sudah mendaftarkan pekerja ke BPJS sebagai perlindungan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.


 

About the Author

BERITA DISHUB administrator

Comments Are Closed.