Bapenda Siapkan Pembayaran Pajak Berbasis Online

ByBERITA DISHUB

Bapenda Siapkan Pembayaran Pajak Berbasis Online


DUMAI – Untuk meningkatkan pelayanan dan memudahkan wajib pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)  Kota Dumai tengah menyiapkan sistem pembayaran 11 pajak yang dikelola dengan berbasis online.

Dimana, Bapenda Dumai berwenang melayani 11 jenis pajak daerah, yaitu pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, mineral bukan logam dan batuan, parkir, pajak air tanah, sarang burung walet, pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkantoran, serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

Kepala Bapenda Dumai Marjoko Santoso mengatakan, rencana penerapan pembayaran pajak secara elektronik ini bekerjasama dengan Bank Riau Kepri menggunakan sistem server antar jaringan komputer akan terhubung satu sama lain.

“ Pelayanan berbasis daring ini untuk memudahkan kewajiban membayar pajak dan pemerintah bekerjasama dengan Bank Riau Kepri,” ujar Marjoko kepada wartawan.

Dilanjutkannya, pengelolaan pajak daerah berbasis sistem daring itu bertujuan juga agar pelaksanaan pemungutan pajak berjalan tertib dan tidak ada petugas bersentuhan langsung dengan uang serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat ditingkatkan.

Penggunaan sistem elektronik dalam pengelolaan pajak itu nantinya juga bisa dimanfaatkan wajib pajak untuk laporan penyampaian omset atau pendapatan usaha bulanan ke Pemerintah Daerah.

“ Pelayanan ini juga untuk memudahkan pembayaran wajib pajak dalam penyampaian omset usaha ke pemerintah,’ urainya.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah masih melayani pembayaran pajak secara manual yaitu masyarakat langsung berurusan dengan petugas di Kantor Bapenda Dumai yang berada di Jalan HR Subrantas.

Ditegaskan Marjoko, bahwa dalam penarikan pajak, Bapenda Dumai tidak mengirimkan pegawai untuk memungut ke wajib pajak, sehingga diharap tidak ada warga menitipkan pembayaran pada oknum yang mengaku sebagai petugas.


 

About the Author

BERITA DISHUB administrator

Comments Are Closed.