Fadhly: Struktur Skala Upah Wajib Dilaporkan

ByBERITA DISHUB

Fadhly: Struktur Skala Upah Wajib Dilaporkan


DUMAI – Puluhan managemen dan perwakilan perusahaan sengaja diundang untuk rapat di aula kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jalan Kesehatan Dumai pada Senin (28/08/2017). Agendanya membahas Struktur Skala Upah bagi pekerja di perusahaan.

Seperti diketahui, setiap perusahaan wajib melaporkan Struktur Skala Upah. Hal tersebut mengacu kepada Peraudan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker)  RI No 1 tahun 2017 tentang Struktur Skala Upah.

“ Perusahaan wajib melaporkan Struktutr Skala Upah. Sesuai ketentuan, deadline pelaporan adalah 23 Oktober 2017 nanti. Untuk itu rapat lanjutan masih akan dilakukan pekan depan,” tegas Kepala Bidang (Kabid) Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja Disnakertrans Kota Dumai Muhammad Fadhly SH di ruang kerjanya.

Keteranga yang berhasil dihimpun menyebutkan, sesuai Permenaker 01 Tahun 2017 Tentang Struktur dan Skala Upah bahwa Perusahaan berkewajiban memiliki Struktur dan Skala Upah.

Struktur dan Skala Upah itu sendiri ditetapkan oleh Pimpinan Perusahaan dalam bentuk Surat Keputusan dan Upah dalam Struktur dan Skala Upah adalah Upah Pokok.

Bahkan Struktur dan Skala Upah wajib diberitahukan kepada seluruh Pekerja, dengan catatan  Diberitahukan secara perorangan, sesuai golongan dan jabatan orang tersebut.

Tidak itu saja, Struktur dan Skala Upah harus dilampirkan pada saat pendaftaran / perpanjangan / pembaruan PKB atau pengesahan PP, dengan ketentuan; Praktiknya hanya diperlihatkan kepada pejabat terkait dan setelah diperlihatkan, dokumen dikembalikan langsung ke Perusahaan pada saat itu juga (tidak disimpan).

“ Ketentuan ini (Struktur dan Skala Upah) berlaku efektif per tanggal 23 Oktober 2017,” tegas Fadhly.


 

About the Author

BERITA DISHUB administrator

Comments Are Closed.